PENERAPAN POLA ISLAMI DALAM DESAIN INTERIOR TAMAN KANAK-KANAK UNTUK MENINGKATKAN ESTETIKA SPIRITUAL

Isi Artikel Utama

Nur Alifha Urbach
Sakundria Satya Murti Wardhana

Abstrak

Pentingnya pendidikan anak usia dini merupakan proses awal untuk mengembagkan diri juga sebagai aset penting bagi kemajuan bangsa yang harus ditanamkan sejak usia dini. Setiap anak pasti memiliki potensi dan kecerdasan yang berbeda, kecerdasan setiap orang tidaklah sama berbeda dengan yang lain dan selalu berkembang (dinamis), tidak statis. Sehingga orang tua seringkali menitipkan anaknya pada tempat-tempat pendidikan usia dini, seperti Taman Kanak-Kanak. Taman Kanak-kanak yang ramah lingkungan, sehat, aman, mendidik tentang kerohanian, dan bersifat edukatif yang membantu perkembangkan dan pertumbuhan kreatifitas anak. Perancangan Interior Taman Kanak-kanak dengan Nuansa Religius Berkonsep Scandinavian ini dapat memberikan solusi untuk pendidikan anak usia dini. Desain yang dibuat merupakan ide baru yang diaplikasikan di setiap ruangan pada sekolah Taman Kanak-kanak yang mudah dipelajari dan dibaca untuk anak usia dini. Oleh karena itu, mengaplikasikan bentuk religius Islami pada interior ruangan serta adanya perpaduan dengan warna-warna cerah bergaya Scandinavian, akan didapatkan ide kreatif yang dapat meningkatkan estetika spritual, psikologi, dan pola pikir anak usia dini selama proses belajar dan bermain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Urbach, N. A., & Wardhana, S. S. M. . (2023). PENERAPAN POLA ISLAMI DALAM DESAIN INTERIOR TAMAN KANAK-KANAK UNTUK MENINGKATKAN ESTETIKA SPIRITUAL. Jurnal Vastukara: Jurnal Desain Interior, Budaya, Dan Lingkungan Terbangun, 3(2), 253–267. https://doi.org/10.59997/vastukara.v3i2.2736
Bagian
Articles