DESAIN INTERIOR OBJEK WISATA EDUTOURISM MINUMAN FERMENTASI DAN DESTILASI KHAS BALI

Isi Artikel Utama

Ketut Indira Suasti Prayojani
Anak Agung Gde Rai Remawa
I Made Jayadi Waisnawa

Abstrak

Minuman fermentasi dan destilasi khas Bali telah berpotensi untuk menjadi daya tarik pariwisata (food tourism) berkat adanya Peraturan Gubernur Bali No.1 Tahun 2020 mengenai Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali. Timbulnya peraturan pemerintah ini memberikan harapan bagi perekonomian masyarakat khususnya para perajin lokal untuk mengembangkan produknya hingga ke pangsa pasar internasional. Sehingga dibutuhkan sebuah objek yang dapat mewadahi kegiatan pemasaran produk minuman fermentasi dan destilasi khas Bali.


Objek wisata edukasi minuman fermentasi dan destilasi khas Bali dirasa mampu mewadahi kegiatan rekreasi sekaligus edukasi untuk mengenalkan dan memasarkan produk minuman fermentasi dan destilasi khas Bali yang diproduksi dengan cara tradisional. Penciptaan objek wisata edukasi minuman fermentasi dan destilasi khas Bali ini menggunakan pendekatan desain interior sebagai pemecahan masalahnya. Tujuan dari desain interior ini adalah untuk mengembangkan sektor pariwisata, memajukan perajin lokal, memasarkan produk dan memberikan edukasi mengenai produk khas daerah. Metode desain yang digunakan untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah metode analitis (analitycal method) yang mengacu pada ‘berpikir sebelum menggambar’ (Jones, 1971) dan metode analisis data deskriptif kualitatif. Melalui metode yang digunakan akan menghasilkan konsep sebagai pemecah masalah desain. Konsep yang digunakan dalam desain interior ini adalah Saraka Mukti yang dapat diartikan sebagai kebangkitan bagi kegiatan pemasaran dan budaya konsumsi minuman keras. Konsep tersebut kemudian berfungsi sebagai pedoman untuk memvisualisasikan ide dan gagasan menjadi gambar konsepsual, gambar pengembangan dan gambar detail.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Prayojani, K. I. S., Remawa, A. A. G. R., & Waisnawa, I. M. J. (2021). DESAIN INTERIOR OBJEK WISATA EDUTOURISM MINUMAN FERMENTASI DAN DESTILASI KHAS BALI. Jurnal Vastukara, 1(2), 131–143. Diambil dari https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/vastukara/article/view/586
Bagian
Articles

Referensi

Atmadi, T. (2016). Kajian Metode Pendekatan Desain Interior. 3(2), 6.

Chressetianto, A. (2013). Pengaruh Aksesoris dan Elemen Pembentuk Ruang terhadap Suasana dan Karakter Interior Lobi Hotel Artotel Surabaya. Jurnal Intra Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra, 1(1), 4.

Glashoff, L. K. (2016). Sanskirt Dictionary for Spoken Sanskirt. https://www.learnsanskrit.cc/

Gubernur Bali. (2020). Peraturan Gubernur Bali No 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali.

Hidayat, A., Anggraini, A., Hardiyanti, P., & Dewi, Y. (2013). Kajian Penerapan Material Ekspos pada Rumah Tinggal Ditinjau dari Segi Estetika. Jurnal Reka Karsa Institut Teknologi Nasional, 3(1), 8.

Higgins, I. (2015). Spatial Strategies for Interior Design. Laurence King Publishing.

Jones, J. C. (1971). The State of the Art in Design Methods. DMG-DRS Journal, 7(2).

Kalonica, K., Kusumarini, Y., & Rakhmawati, A. (2006). Identifikasi Penerapan Biophilic Design pada Interior Fasilitas Pendidikan Tinggi. Dimensi Interior Universitas Kristen Petra, 17(1), 3–5.

Nugroho, A., Suryono, A. N., Ahmad, A. P. S., Djajasasmita, A., Sarumpaed, D. C., Rizal, E. S., Wibowo, H. B., Ariesta, I., Ardian, N. F., Djojowijoto, Q. D., Kuntjoro, R. A. D. R., Hariadi, R. M. R., Idrastudianto, R., Wulandari, S., & Pasaribu, Y. M. (2019). Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain di Indonesia. Badan Ekonomi Kreatif.

Permatasari, R. C., & Nugraha, N. E. (2020). Permatasari, Rr. Chandrarezky., Nugraha, Nuarista Edi. . Peranan Elemen Desain Interior dalam Membentuk Atmosfer Ruang Tunggu CIP Lounge Bandara. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni Institut Seni Indonesia Surakarta, 15(2), 63.

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. CV. Nata Karya.

Sumarno, & Mumfangati, T. (2016). Kajian Serat Tata Cara. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wardah, F. R. (2013). Pengaruh Ekspektansi pada Minuman Beralkohol terhadap Konsumsi Minuman Beralkohol. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental Universitas Airlangga, 2(2).

Wirartha, I. M. (2006). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Andi.

Wirastini, K. A. (2015). Pengolahan Buah Aren dan Dampak Terhadap Sosial Ekonomi Petani Aren. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 3–8.

Yusasrini, N. L. A., & Puspawati, N. N. (2013). Kajian Nilai Gizi Minuman Tradisional Bali [Laporan Akhir Penelitian Donsen Muda]. Universitas Udayana.