ANALISIS PERBANDINGAN CAMERAWORK PADA VIDEO PERFORMANCE STUDI KASUS: AESPA – "NEXT LEVEL TEACHER’S CHOREOGRAPHY” DAN GIRLS’ GENERATION – “GEE”

Main Article Content

Shafira Chika Alyza
Dianing Ratri
Fathima Assilmia

Abstract

Perkembangan teknologi mempengaruhi industri hiburan K-POP, salah satunya yaitu pada video performance grup musik Korea. Pengaruh yang terlihat pada video performance seperti teknik penguasaan kamera atau camerawork yang digunakan. Terdapat perkembangan dalam penggunaan camerawork dalam beberapa tahun terakhir, baik dari segi komposisi, sudut kamera, dan ukuran pengambilan video. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membandingkan teknik kamera pada dua video performance yang dirilis pada tahun yang berbeda dan keduanya mendapatkan penghargaan Seoul Music Awards Bonsang pada masanya masing- masing, yaitu video performance Aespa – “Next Level Teacher’s Choreography” yang dirilis tahun 2021 dan Girls’ Generation – “Gee” yang dirilis pada tahun 2009. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif analisis komparatif berdasarkan pada teori The Five C’s of Cinematography oleh Joseph V. Mascheli. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi secara langsung dengan menonton dan menelaah lalu menguraikan unsur- unsur sesuai dengan teori. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, terdapat beberapa persamaan dan perbedaan antara kedua video. Penggunaan teknik lama masih digunakan seperti komposisi rule of third, balance, pengambilan video dengan teknik long shot, serta sudut kamera dengan level angle. Namun, pada video performance Aespa – “Next Level” terdapat banyak perkembangan seperti penggunaan ukuran shot dan sudut kamera yang lebih bervariasi, hal ini menimbulkan perbedaan antara kedua video. Camerawork pada video performance Aespa – “Next Level” bersifat lebih dinamis dibandingkan video performance Girls’ Generation – “Gee” yang cenderung bersifat statis.


 

Article Details

How to Cite
Alyza, S. C., Ratri, D., & Assilmia, F. . (2023). ANALISIS PERBANDINGAN CAMERAWORK PADA VIDEO PERFORMANCE STUDI KASUS: AESPA – "NEXT LEVEL TEACHER’S CHOREOGRAPHY” DAN GIRLS’ GENERATION – “GEE”. VISWA DESIGN: Journal of Design, 3(1), 42–56. https://doi.org/10.59997/vide.v3i1.1563
Section
Articles

References

D. Moller, Redifining music video. California: Major Written Assesment, 2011.

C. Stewart dan A. Kowaltzke, Media: New ways and meanings. Australia: John Wiley & Sons, 2007.

J. V. Mascelli, The five C’s of cinematography: Motion Picture Filming Techniques, vol. 1. Los Angeles: Silman-James Press, 1998.

B. Brown, Cinematography: Theory and Practice: Image Making for Cinematographers and Directors. CRC Press, 2012.