PERANCANGAN BUKU POP-UP SIDANG BELAWAN DARI LAMPUNG UNTUK ANAK-ANAK

Main Article Content

Nadya Chrisanti Saragih
Aris Kurniawan
Sri Retnoningsih

Abstract

Cerita rakyat merupakan media yang sangat efektif untuk menanamkan berbagai nilai dan etika kepada terhadap anak. Salah satunya adalah cerita rakyat Sidang Belawan dari Lampung. Sayangnya cerita ini sudah jarang didengar karena kurangnya media literatur. Cerita ini mengajarkan untuk tidak berbohong, bertanggung jawab, religious, tidak mudah menyerah dan berani. Anak usia golden age yaitu 0 hingga 8 tahun merupakan waktu terbaik untuk menanamkan nilai yang baik karena mudah menyerap apa yang dibacanya. Namun sayangnya perubahan jaman menurunkan minat baca anak sehingga anak lebih menyukai video dan permainan gawai dari pada membaca buku. Padahal cerita rakyat adalah salah satu media komunikasi yang efektif dalam menyampaikan pelajaran dan pesan moral kepada anak. Buku pop-up sendiri merupakan media buku interaktif yang membuat anak bisa belajar sambil bermain. Anak akan lebih tertarik membaca untuk mengetahui cerita dibalik mekanisme kertas. Sehingga diharapkan cerita lebih mudah dimengerti dan menarik minat baca anak. Metode yang digunakan sendiri adalah Mix Method berupa kuesioner, wawancara, dan studi literatur. Dengan begitu penelitian diharapkan dapat membantu memperkenalkan kembali cerita rakyat Sidang Belawan dari Lampung agar tetap lestari sekaligus menanamkan nilai budi yang luhur dan minat membaca kepada anak.

Article Details

How to Cite
Saragih, N. C. ., Kurniawan, A. ., & Retnoningsih, S. . (2022). PERANCANGAN BUKU POP-UP SIDANG BELAWAN DARI LAMPUNG UNTUK ANAK-ANAK. VISWA DESIGN: Journal of Design, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.59997/vide.v2i1.1583
Section
Articles

References

M. Hasyim, “Kajian Budaya dan Media,” Universitas Hasanuddin Makasar, 2016.

N. Novianti, S. Sudjarwo dan P. Pargito, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH BERUPA CERITA RAKYAT SEBAGAI WUJUD KEARIFAN LOKAL,” Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies, vol. 2, no. 4, 2014.

H. Dewanti, A. J. E. Toenlioe dan Y. Soepriyanto, “Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo,” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 1, no. 3, pp. 221-228, 2018.

C. D. Djijar, “Efektivitas Media Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang,” Malang: Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2015.

B. Martin dan B. Hanington, Universal Methods of Design: 100 Ways to Research Complex Problems, Develop Innovative Ideas, and Design Effective Solutions, Rockport Publishers, 2012.

J. Danandjaja, Folklor Indonesia 2nd Edition, Jakarta: PT. Pustaka Grafitipers, 1984.

D. Kristiani, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer, 2014.

N. Bluemel dan R. L. H. Taylor, Pop-up Books: A Guide for Teachers and Librarians, ABC-CLIO, 2012.

S. Shofaussamawati, “Menumbuhkan Minat Baca Dengan Pengenalan Perpustakaan Pada Anak Sejak Dini,” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, vol. 2, no. 1, 2016.

The Asianparent Insight, “Mobile Device Usage Among Young Kids,” 2014. [Online]. Available: https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/tap-sg-media/theAsianparent+Insights+Device+Usage+A+Southeast+Asia+Study+November+2014.pdf.

L. Setiawan, D. Y. Riyanto dan S. P. Yosep, “Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Nama Buah-buahan Dengan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (Sibi) Berbasis Karakter Untuk Anak-anak Tklb-b Karya Mulia Surabaya,” Universitas Dinamika, 2016.

D. Sihombing, Tipografi Dalam Desain Grafis, Gramedia Pustaka Utama, 2001.

F. E. Siagian dan E. Maryanti, “E-reading vs traditional reading: can Internet, social media and gadgets bridge the gap between reading and learning among medical students?,” Jurnal Ilmu Kedokteran (Journal of Medical Science) , vol. 11, no. 2, pp. 52-59, 2018.

S. Berdekamp, Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children From Birth Through Age 8, Washington DC: NAEYC, 1987.

Desmita, Psikologi Perkembangan Anak, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.

T. Ariyanti, “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development,” Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , vol. 8, no. 1, 2016.