ANALISIS PENGARUH ALUR NARASI TERHADAP KOMPOSISI DAN COLOR GRADING PADA FILM “THE FRENCH DISPATCH” (2021)

Main Article Content

Christina Indri
Dianing Ratri
Fathima Assilmia

Abstract

Dalam menyaksikan suatu film, penonton dapat mengamati terdapatnya pergantian adegan melalui pensuasanaan yang berbeda. Beberapa faktor yang menyebabkan munculnya suasana tersebut adalah komposisi dan color grading. Komposisi bertujuan membuat suatu adegan menjadi semenarik mungkin untuk dilihat, sementara color grading adalah proses meningkatkan penampilan gambar untuk digunakan di lingkungan yang berbeda dengan memanfaatkan kontras, warna, dan lainnya. Pemanfaatan komposisi dan color grading berfungsi untuk mendukung suatu narasi yang disampaikan agar menjadi lebih kuat. Wes Anderson, sebagai sutradara film, produser, dan penulis, terkenal dengan eksentrisitas gaya visual dan naratif yang khas dalam karya filmnya. Kekhasan ini khususnya terdapat dalam penggunaan komposisi dan color grading. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh alur narasi film terhadap jenis komposisi dan color grading yang digunakan pada film The French Dispatch. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penulis melakukan observasi dan pengumpulan data, kemudian memilih sejumlah adegan menurut teori Freytag’s Pyramid, kemudian penulis menganalisis adegan-adegan tersebut menurut teori mise-en-scène. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah alur narasi sangat mempengaruhi pemilihan jenis komposisi pada film The French Dispatch, di antaranya yang sering digunakan merupakan ciri khas gaya visual Wes Anderson sendiri, yaitu komposisi simetris dan peletakan aktor yang hampir selalu tepat depan kamera dengan framing yang estetis untuk menghadirkan gaya ilustratif seolah seperti dalam buku cerita. Selain itu, pemilihan warna vintage digunakan untuk mendukung latar tempat yang berada di daerah Perancis, dan perubahan color grading dari berwarna menjadi hitam putih digunakan untuk menghadirkan dua dunia yang berbeda, yaitu sudut pandang narator dan dunia reka adegan.

Article Details

How to Cite
Indri, C. ., Ratri, D. ., & Assilmia, F. . (2022). ANALISIS PENGARUH ALUR NARASI TERHADAP KOMPOSISI DAN COLOR GRADING PADA FILM “THE FRENCH DISPATCH” (2021). VISWA DESIGN: Journal of Design, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.59997/vide.v2i1.1587
Section
Articles

References

G. Keraf, Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001

The Editors of Encyclopedia Britannica. “auteur theory | Definition & Directors,” Encyclopædia Britannica. https://www.britannica.com/art/auteur-theory (diakses 6 April 2022)

A. V. Vreeland, “Color Theory and Social Structure in the Films of Wes Anderson”, Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, vol. 6, no. 2, pp. 35-44, 2015

“Mise En Scene,” Film Theory. https://www.filmtheory.org/mise-en-scene/ (diakses 6 April 2022)

“Mise-En-Scene,” dartmouth. https://www.dartmouth.edu/~film01/mise.html (diakses 6 April 2022)

G. Freytag, Technique of the Drama: An Exposition of Dramatic Composition and Art. S. Griggs, 1895

“The French Dispatch (2021) - IMDb,” IMDb. https://www.imdb.com/title/tt8847712/plotsummary (diakses 13 April 2022)

C. Nast. “The French Dispatch,’ Reviewed: Wes Anderson’s Most Freewheeling Film,” The New Yorker. https://www.newyorker.com/culture/the-front-row/the-french-dispatch-reviewed-wes-andersons-most-freewheeling-film (diakses 13 April 2022)