ESTETIKA ANIMASI: KONSEP DAN GAYA ANIMASI BUL

Main Article Content

Gede Pasek Putra Adnyana Yasa

Abstract

Animasi berjudul Bul adalah karya animasi terbaik kategori film animasi 2 Dimensi dalam lomba Animafest Film Animasi di MNCTV. Animasi ini diproduksi oleh salah satu studio animasi yang ada di Bali. Studio animasi tersebut adalah Timeline Studio. Hal ini menarik untuk ditelusuri atau diteliti pada tataran estetika terutama terkait konsep dan gaya animasinya. Penelitian dimulai dari melakukan pengamatan terhadap animasi Bul. Selanjutnya dilakukan penelitian lapangan untuk mempelajari, dan mengungkap bagaimana estetika sebuah animasi Bul dibentuk dari unsur seni rupa/desain dan pembentuk film. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau ungkapan dari seseorang dan studi perilaku senimannya dan objek tertentu yang diamati. Penelitian kualitatif sebagai fundamental bergantung pada pengamatan atas objek dan manusia dalam ruang lingkup suatu kawasan tertentu.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep estetika atau pemikiran untuk dapat menciptakan tercapainya keindahan yang secara khusus dapat mempengaruhi psikologis/alam bawah sadar penonton terhadap animasi Bul diwujudkan melalui gaya film animasi. Gaya animasi sebagai salah satu konsep yang dapat menciptakan keindahan yaitu digunakan gaya limited.  Animasi Bul menerapkan gaya limited dalam animasinya mengacu pada ciri-ciri animasi limited yaitu lebih banyak digunakan pada film animasi berseri di stasiun televisi, gerak animasi sederhana, mengutamakan cerita dibanding gerak animasinya, menggunakan gerak animasi berulang.

Article Details

How to Cite
Yasa, G. P. P. A. . (2022). ESTETIKA ANIMASI: KONSEP DAN GAYA ANIMASI BUL. VISWA DESIGN: Journal of Design, 2(1), 60–67. https://doi.org/10.59997/vide.v2i1.1604
Section
Articles

References

I. Herdiana, “MNCTV Animafest Lahirkan Animator.” [Online]. Available: http://celebrity.okezone.com. [Accessed: 01-Mar-2022].

H. Pratista, Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka, 2008.

M. Abrori, Solusi Instan Animasi Karakter dengan Adobe Flash. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2009.

G. Prakosa, Animasi: Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Jakarta: kerjasama FFTV-IKJ dan Yayasan Seni Visual Indonesia, 2010.

G. P. P. A. Yasa, “Analisis Kesatuan (Unity) Visual Pada Film Animasi ‘Bul,’” in Proseding Seminar Penciptaan Dan Pengkajian Seni ISI Denpasar, 2013, pp. 579–595.

B. L. Hibbeler, “‘Exploring Representations Of Masculinity In Disney Animated Feature Films,’” Texas A&M University, 2009.

J. T. Decker, “‘The Portrayal of Gender in the Feature-Length Films of Pixar Animation Studios: A Content Analysis,’” Auburn University, 2010.

S. B. Azad, “‘Lights, Camera, Accent; Examining Dialect Performance In Recent Children’s Animated Films,’” Georgetown University, 2009.

J. M. Boggs, The Art o Watching Film. Jakarta: Yayasan Citra, 1992.

M. Susanto, Diksi Rupa: Kumpulan Istilah Seni Rupa. Yogyakarta: Kanisius, 2002.

I. Damajanti, Psikologi Seni Sebuah Pengantar. Bandung: Kiblat Buku Utama, 2006.

S. F.-L. Stam, Robert, Robert Burgoyne, New Vocabularies In Film Semiotics: Structuralism, Post-Structuralism, and beyond. London and Newyork: Routledge, 1992.

D. D. Djalle, Zaharudin G., Edi Purwantoro, The Making Of 3D Animation Movie. Bandung: Informatika, 2007.

Most read articles by the same author(s)