PERANCANGAN KONSEP VISUAL PROTOTYPE USER INTERFACE GAME HERO OF PANDEMIC SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF
Main Article Content
Abstract
Pada era digital saat ini berbagai media pembelajaran semakin menarik dan beragam, salah satunya adalah aplikasi pada smartphone. Pembelajaran menggunakan game adalah salah satu cara agar pembelajaran dapat lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Pada perancangannya diperlukan user interface dan memiliki fungsi serta peranan penting dalam media elektronik. User interface merupakan alat atau tools penghubung antara pengguna (user) agar dapat mudah dan mengerti menggunakan sebuah media digital aplikasi. Tujuan dari perancangan prototype ini adalah untuk membuat user interface yang membantu untuk user atau target audiens dapat berinteraksi dengan mudah juga sebagai pembelajaran dengan cangkupan batasan materi tentang virus yaitu Sars-Cov-2 pengetahuan umum dengan materi sederhana kepada anak-anak berusia 10-15 tahun dengan cara yang menyenangkan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
J. Tidwell, Designing interfaces: Patterns for effective interaction design. O’Reilly Media, Inc., 2010.
D. Stone, C. Jarrett, M. Woodroffe, dan S. Minocha, User interface design and evaluation. Elsevier, 2005.
K. Rahmalya, “Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak di Taman Kanak-Kanak AL-Kautsar Bandar Lampung,” Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, 2019.
A. Arsyad, Media pembelajaran; Edisi revisi. PT. Raja Grafindo Persada, 2019.
S. Kim, K. Song, B. Lockee, dan J. Burton, “Advances in Game-Based Learning Gamification in Learning and Education Enjoy Learning Like Gaming.” Cham, Switzerland: Springer, 2018.
R. Poulin, Design School: Type: A Practical Guide for Students and Designers. Rockport Publishers, 2017.
WHO, “QA for public,” 2021. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public (diakses 22 April 2022).
A. Zuccarini, “Different COVID-19 Variants Explained,” Epicentre, 14 Desember 2021. https://epicentre.org.za/2021/12/14/diff-covid-variants-expl/ (diakses 24 Mei 2022).
G. R. Marczyk, D. DeMatteo, dan D. Festinger, Essentials of research design and methodology, vol. 2. John Wiley & Sons, 2010.
Gamicus, “Shoot ’em up video games,” 2008. https://gamicus.fandom.com/wiki/Shoot_%27em_up_video_games