PENERAPAN KOMUNIKASI PERSUASIF MELALUI DESAIN POSTER UNTUK KONTEN MEDIA SOSIAL PERUM JASA TIRTA II

Main Article Content

Annida Salsabila
Ramlan Ramlan

Abstract

Poster merupakan media komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan agar lebih mudah dipahami. Komunikasi persuasif dapat diperlukan dalam perancangan media poster dan media sosial sebagai tempat membagikan suatu informasi ke ranah publik. Pembuatan tema poster dapat menggunakan permasalahan yang ada dilingkungan setempat seperti permasalahan tumpukan sampah di aliran sungai. Sampah akan menjadi suatu masalah apabila tidak ditangani dengan benar. Membuang sampah ke aliran sungai dapat menyebabkan pencemaran air yang dapat merugikan biota air tawar serta masyarakat yang tinggal dekat dengan daerah aliran sungai. Sehingga media poster sangat berguna untuk menyadarkan kembali masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian sungai dan lingkungan sekitar agar keseimbangan alam tetap terjaga.

Article Details

How to Cite
Salsabila, A., & Ramlan, R. (2023). PENERAPAN KOMUNIKASI PERSUASIF MELALUI DESAIN POSTER UNTUK KONTEN MEDIA SOSIAL PERUM JASA TIRTA II. VISWA DESIGN: Journal of Design, 3(1), 34–41. https://doi.org/10.59997/vide.v3i1.1409
Section
Articles

References

F. L. K. Nida, “Persuasi Dalam Media,” AT-TABSYIR, J. Komun. Penyiaran Islam, vol. 2, no. 2, pp. 76–95, 2014.

A. A. Sutrisno, A. P. Herwanto, D. Departmen, and N. Malang, “Komunikasi Persuasi Eksistensi Remaja Pada Media Sosial,” vol. 6, no. 2, pp. 182–192, 2019.

Y. Yulius, “Peranan Desain Komunikasi Visual Sebagai Pendukung Media Promosi Kesehatan,” J. Seni, Desain dan Budaya, vol. 1, no. 2, pp. 42–47, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/Besaung/article/view/132.

B. Yekti, “Peranan Perangkat Lunak Grafis Sebagai Pembentuk Pesan Persuasif Dalam Iklan Cetak,” Deiksis, pp. 197–215, 2015, [Online]. Available: http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/404.

E. D. S. Watie, “Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media),” J. Messenger, vol. 3, no. 2, p. 69, 2016, doi: 10.26623/themessenger.v3i2.270.

R. Landa, Advertising by Design GENERATING AND DESIGNING CREATIVE IDEAS ACROSS MEDIA, Second edi. Canada: John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey, 2010.

J. Witabora, “PERAN DAN PERKEMBANGAN ILUSTRASI,” no. 9, pp. 659–667, 2012.

A. Priyono and S. Ahmad, “KREATIVITAS DESAIN POSTER DALAM KOMPETISI DESAIN POSTER NASIONAL,” vol. 3, no. 9, pp. 232–245, 2012.