PENGENALAN WAYANG GARING KEPADA REMAJA AKHIR MELALUI PERANCANGAN WEBSITE

Main Article Content

Rania Ari Puspita
Aris Kurniawan
Agustina Kusuma Dewi

Abstract

Wayang garing merupakan kesenian khas dari daerah Serang, Banten, namun mayoritas masyarakat masih belum mengenal wayang garing dengan baik. Wayang garing memiliki peran yang penting dalam menyebarkan pesan, sastra, nilai moral, dan pengetahuan di masyarakat Banten. Peran seorang dalang dalam mempopulerkan wayang garing sangatlah berarti, namun sedikit yang mengetahui tentang proses karir dan karya dari satu-satunya dalang wayang garing saat ini, yaitu Kajali. Popularitas wayang garing saat ini mengalami penurunan yang mengkhawatirkan, karena seni ini hanya dilakukan oleh satu dalang saja dan adanya variasi hiburan yang beragam. Oleh karena itu, perancangan media informasi, khususnya melalui website, sangatlah penting sebagai sumber informasi dan penghargaan terhadap keberadaan wayang garing. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang media informasi yang terstruktur berisi pengetahuan tentang wayang garing, dan diharapkan bahwa website ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap warisan budaya ini serta mendorong partisipasi dalam pelestarian dan pengembangannya.

Article Details

How to Cite
Puspita, R. A. ., Kurniawan, A. ., & Dewi, A. K. . (2023). PENGENALAN WAYANG GARING KEPADA REMAJA AKHIR MELALUI PERANCANGAN WEBSITE . VISWA DESIGN: Journal of Design, 3(2), 134–144. https://doi.org/10.59997/vide.v3i2.2770
Section
Articles

References

M. Susanti and S. Wahyuni “Analisis Kebutuhan Model Media Audio Cerita Wayang Bagi Remaja,” J. Pekommas, Vol. 2, no. 1, pp. 29-42, 2017.

N. Seha and O. S, Rivay. Wayang Garing: Fungsi Dan Upaya Merevitalisasi Wayang Khas Banten (Wayang Garing: The Function and The Revitalization Efforts of Bantenese Iconic Culture). METASASTRA: J. Penelitian Sastra, 8(1), pp. 77-90. 2016.

D. Wahyuni, “Salinan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 260/M/2017 tentang Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia tahun 2017”. https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/dashboard/media/hukum/SKPENETAPAN2017.pdf.

Bahrudin. Kesenian Wayang Garing Di Banten. Tsaqofah: J. Agama dan Budaya. Vol. 13 No .1 (Januari-Juni) 2015. UIN. 2015.

Ariffud Muhammad, 6 April 2023. Apa Itu Website? Pengertian, Fungsi, Sejarah, Unsur, Jenisnya. https://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-website/

Dicoding Intern. 4 Mei 2021. Apa itu Wireframe? Perbedaan Wireframe, Mockup, dan Prototype https://www.dicoding.com/blog/wireframe-adalah/