MEMPERKUAT CITRA BRAND MELALUI INTERIOR : GERAI TANAMERA, SUNSET ROAD, BALI

Main Article Content

Putu Ari Darmastuti
I Kadek Dwi Noorwatha

Abstract

Identitas sebuah brand merupakan hal mendasar dalam proses pengembangan bisnis dan memperkuat brand itu sendiri. Brand yang dibangun cukup lama harus tetap menjaga kekuatan brand seiring pergerakan era, begitu juga brand baru harus memiliki identitas yang original dan kuat. Pengalaman Tanamera selama 10 tahun di industri maknan dan minuman khusunya kopi berhasil mengembangkan gerai mereka tidak hanya di Indonesia. Dengan identitas brand yang kuat Tanamera juga menghadirkan gerai-gerai yang orisinal dan berciri khas. Salah satu gerai Tanamera yang akan diulas adalah gerai Tanamera di Jalan Sunset Road, Bali. Bagaimana Tanamera menghadirkan eksistensi brand melalui visualisasi dan pengalaman yang dapat dirasakan melalui interior dari gerai tersebut. Membentuk dasar dari proses desain; memahami merek adalah salah satu aspek yang paling penting dari peran desainer ritel. Menggunakan teori Konsepsi Branding dan Brand Touchpoints, Lingkungan Branding, Experimental Marketing yang menggunakan Analisa branding untuk membahas pengaruh branding pada interior gerai. Tanamera merupakan gerai kopi asal Indonesia yang berkembang mulai dari tahun 2013. Dilihat dari portofolio pada website Tanamera, memiliki gerai tidak hanya di Indonesia tapi juga mulai mencakup Asia. Kelebihan kopi Tanamera adalah menyajikan kopi khas Indonesia yang dibudidayakan khusus dan disajikan kepada konsumen melalui tahapan yang yang diolah sendiri oleh Tanamera. Selama 10 tahun di industry makanan dan minuman brand kopi Tanamera selalu menghadirkan gerai yang orisinal dan identic dengan brand itu sendiri. Tanamera menghadirkan pengalaman minum kopi yang autentik khas Indonesia yang berbeda dari brand lainnya, menghadirkan interior dan arsitektural yang mencolok dan kontras menjadikan gerai Tanamera vocal point dan mudah dikenali seperti gerai yang berlokasi di Sunset Road Bali.

Article Details

How to Cite
Darmastuti, P. A., & Noorwatha, I. K. D. (2023). MEMPERKUAT CITRA BRAND MELALUI INTERIOR : GERAI TANAMERA, SUNSET ROAD, BALI. VISWA DESIGN: Journal of Design, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.59997/vide.v3i1.2327
Section
Articles

References

ajaib, “Survei BI: Prediksi Pertumbuhan Retail Sales Februari 2023 Meningkat,” Ajaib, Mar. 13, 2023. https://ajaib.co.id/survei-bi-prediksi-pertumbuhan-retail-sales-februari-2023-meningkat/ (accessed Apr. 22, 2023).

BeritaSatu.com, “Kunci Sukses Tanamera Coffee Raih Penghargaan Internasional,” beritasatu.com. https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/535314/kunci-sukses-tanamera-coffee-raih-penghargaan-internasional (accessed Apr. 22, 2023).

A. Darmastuti, N. L. K. R. Kerdiati, I. P. U. Wasista, and N. K. Y. Diantari, “DESIGN INTERIOR GERAI UMKM FANCY TUMMY,” Abdi Widya J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2023.

M. Erlhoff and T. Marshall, Design dictionary: perspectives on design terminology. Basel Boston: Birkhäuser Verlag, 2008.

A. Wheeler, Designing brand identity: an essential guide for the whole branding team, Fourth edition. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc, 2013.

R. Mehta, “Branded Environments: The Design Approach, A Master of Science Theses at The University of Cincinnati, USA: University of Cincinnati,” The University of Cincinnati, USA, 2006.

M. Healey, What is branding? in Essential design handbooks. Mies: RotoVision, 2008.

A. Hasan and A. Grafika, Marketing. Jakarta: Media Pressindo, 2008. [Online]. Available: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=681240

Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.

I. P. U. Wasista, N. L. K. R. Kerdiati, and P. A. Darmastuti, “THE INFLUENCE OF COLOR ON CONSUMER’S AFFECTIVE SIDE IN COMMERCIAL SPACE: A LITERATURE REVIEW APPROACH,” J. Aesthet. Des. Art Manag., vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2022, doi: 10.58982/jadam.v2i2.263.