KOMUNIKASI VISUAL IKLAN KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) PADA MASA PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Abstract
Komunikasi sebagai dasar informasi yang disampaikan kepada khalayak untuk menentukan pemahaman dan ketertarikan. Ketertarikan khalayak terhadap informasi yang disampaikan tersebut, ditinjau dari dua jenis komunikasi yakni verbal dan nonverbal. Permasalahan yang diangkat dalam tulisan ini adalah tentang bagaimana bentuk komunikasi visual iklan KFC pada masa pandemic covid-19. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi visual iklan KFC pada masa pandemic covid-19. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif deskriptif dengan berlandasan teori semiotika Charles S. Peirce. Hasil penelitian dalam tulisan ini berupa komunikasi visual yang mengarah pada bahasa simbol seperti : warna merah, ayam goreng, kentang goreng, ice cream, dan lain-lainnya. Komunikasi yang dilakukan oleh pihak KFC, selain menggunakan bahasa visual terdapat secara tulisan. Hal demikian bertujuan untuk mempresentasikan produk makanan siap saji yang diproduksi oleh KFC. Kesimpulannya, komunikasi visual iklan kentucky fried chicken (kfc) pada masa pandemi covid-19 berupa bahasa simbol. Bahasa simbol tersebut, tergolong dalam bahasa visual dan teks yang bertujuan mempromosikan produk KFC.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Yoga Sukmana, “KFC Indonesia Sudah Tutup 115 Gerai Akibat Pandemi Covid-19,” Kompas, 2020. https://money.kompas.com/read/2020/05/19/164124926/kfc-indonesia-sudah-tutup-115-gerai-akibat-pandemi-covid-19.
Peraturan Pemerintah, “Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19),” 2020. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/135059/pp-no-21-tahun-2020.
T. Wikipedia, “KFC,” 2020. https://id.wikipedia.org/wiki/KFC.
S. Tinarbuko, “Semiotika Desain Oblong Dagadu Djokdja,” J. ILMU Komun., vol. 3, no. 1, pp. 91–105, 2013, doi: 10.24002/jik.v3i1.243.
A. Kusrianto, Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009.
S. Tinarbuko, Membaca Tanda dan Makna Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PB ISI Yogyakarta, 2017.
P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha, 2018.
Y. A. Piliang, Semiotika dan Hipersemiotika Kode, Gaya & Matinya Makna. Bandung: Matahari, 2012.
S. Tinarbuko, Desain Komunikasi Visual: Penan Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service), 2015.
L. & K. N. Anggraini S., Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendikia, 2014.