PENERAPAN EDITING MONTASE DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BANGGA BUATAN INDONESIA

Authors

  • Dimas Mahesa Surya Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Dewa Made Darmawan Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Kadek Dwiyani Institut Seni Indonesia Denpasar

Keywords:

Bangga Buatan Indonesia, Iklan Layanan Masyarakat, Editing Montase

Abstract

Studi Independen dipilih sebagai bagian dari syarat tugas akhir dalam
kerangka Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Melalui studi
independen ini, penulis akan menetapkan iklan layanan Masyarakat
sebagai hasil akhir dari karya ini. Iklan layanan Masyarakat Bangga Buatan
Indonesia merupakan gerakan nasional bertujuan untuk memajukan
produk-produk lokal Indonesia dan meningkatkan kepercayaan diri
bangsa terhadap potensi dan kualitas produk buatan dalam negeri. Tujuan
dari proyek independen ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan
masyarakat umum dan sekaligus memperluas pengalaman serta niat tulus
penulis untuk mendorong produk lokal di Indonesia.Pada kesempatan ini
penulis bermitra dengan iNews Bali untuk menyelesaikan kasus yang
ditemui. Pembuatan iklan layanan masyarakat adalah metode yang
penulis pilih untuk menyelesaikan kasus yang ditemui.
Melalui studi independen ini, penulis akan menyelesaikan iklan
layanan masyarakat penulis yang sebanyak tiga iklan dengan berjudul
Bangga Buatan Indonesia, Semua Ada Disini Dan Ngebatik Itu Keren,
dengan latar belakang gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.
Pembuatan iklan layanan masyarakat ini akan diperkuat dengan
penerapan editing montase. Penelitian ini membahas penggunaan
montase dalam konteks penyampaian cerita. Analisis dilakukan terhadap
bagaimana penyusunan gambar dari beberapa adegan dapat memberikan
pemahaman makna kepada penonton. Dalam iklan layanan masyarakat ini
penulis memfokuskan pada penyusunan rangkaian gambar. Terciptanya
iklan layanan masyarakat bangga buatan Indonesia adalah niat baik
penulis untuk membantu para usaha micro kecil menengah dalam
mengembangkan usaha. Seperti dalam pepatah, ilmu yang baik adalah
ilmu yang bermanfaat bagi orang banyak. Melalui Program MBKM
Studi/Projek Independen penulis berharap mendapatkan ilmu yang
nantinya dapat bermanfaat bagi orang banyak dan berguna dalam
bermasyarakat nantinya.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Surya, D. M., Darmawan, I. D. M., & Dwiyani, N. K. (2024). PENERAPAN EDITING MONTASE DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BANGGA BUATAN INDONESIA. CALACCITRA: JURNAL FILM DAN TELEVISI, 4(1), 1–10. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/4369

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2