Nilai-Nilai Grhasta Asrama Dalam Penciptaan Seni Patung
DOI:
https://doi.org/10.59997/citakara.v1i2.1530Abstrak
Grhasta Asrama adalah tingkat kehidupan berumah tangga. Kata Grhasta berasal dari kata "Grha" artinya rumah, dan kata "stha" artinya berdiri atau membina. Grhastha artinya fase kehidupan dalam rangka membina rumah tangga. Grhastha Asrama memiliki tanggung jawab yang besar seperti; tanggung jawab terhadap istri, anak, leluhur, orang tua dan masyarakat. Beberapa kewajiban yang harus dilaksanakan dalam berumah tangga adalah melanjutkan keturunan, membina rumah tangga, bermasyarakat, dan melaksanakan panca yajnya (Dewa Yajna, Rsi Yajna, Manusa yajnya, Pitra Yajna, Bhuta Yajna). Nilai – Nilai Grhasta Asrama sangat menarik diangkat menjadi objek penelitian penciptaan karya seni patung dengan judul “Nilai – Nilai Grhasta Asrama Dalam Penciptaan Seni Patung”. Untuk mengetahui fenomena tersebut maka dilakukan langkah – langkah penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil pembahasan: (1) Penulis mewujudkan karya seni patung dengan mengangkat tentang nilai – nilai Grhasta Asrama yaitu; perjumpaan dengan jodohnya, kehidupan dalam menjalani rumah tangga, anak sebagai cerminan diri, anak sebagai tumpuan hidup, hingga memiliki garis keturunan. (2) Proses pembuatan karya menggunakan bahan beton dengan teknik menempel, teknik menambah dan teknik mengurangi. Dalam memvisual karya, penulis memvisualkan nilai – nilai Grhasta Asrama dalam karya seni patung dengan menampilkan bentuk figure manusia yang di deformasi dengan merubah susunan bentuk yang dilakukan dengan sengaja untuk kepentingan seni, yang terkesan kuat sehingga tidak lagi berwujud figure semula atau bentuk manusia utuh yang sebenarnya. Dengan menampilkan tekstur, garis tegas dan luwes sehinga mendukung gerak dan irama pada karya untuk mencapai dinamika yang dinamis serta warna yang cenderung natural sangat mendukung konsep garapan.
Referensi
Djelantik, A.A. M. (1999). Estetika Sebuah Pengantar, Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.
Hasan, M.Iqbal. (2002). Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Kartika, Darsono Sony. (2017). Seni Rupa Modern (edisirevisi), Bandung: Rekayasa Sains.
Mustika, W. 2017. Grhasta Asrama, Surabaya:Paramita
Mustari, Mohamad. (2012). Pengantar Metode Penelitian. Laks Bang. PRESS indo: Yogayakarta
Nugroho, Eko. 2008. Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET
Rohidi, Tjetjep Rohendi. (2011). Metodologi Penelitian Seni, Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Sunarto & Suherman. (2017). Apresiasi Seni, Yogyakarta: Thafa Media.
Sudira, Made Bambang Oka. (2010), Ilmu Seni Teori dan Praktik, Jakarta: Inti Prima.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D), Bandung: Alfabeta.
Susanto, Mikke. (2011). Diksi Rupa, Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa (edisirevisi). Yogyakarta: Dicti Art Lab: Jagad Art Space. Bali.
Wahana, Roky Budi. (2011). Penelitian Seni Patung ”Kawi Desain”Blora :Kajian Proses Produksi dan Bentuk Estetis.
_____________________(2013). Rupa Jurnal Ilmiah Seni Rupa, Denpasar: Upt.Penerbit Isi Denpasar, Jalan Nusa Indah Denpasar.
_____________________(2016). Prabangkara Jurnal Seni Rupa dan Desain, Denpasar: Pusat Penerbitan LPPM, Institut Seni Indonesia Denpasar.
Website
(http://putuari765.blogospot.com/2019/04/grhasta-asrama.html?m=1) Diakses 18 april 2021
Daftar Narasumber/ Informan
Wawancara dengan I Nyoman Sukanta selaku narasumber (sampel keluarga) yang sedang menjalani fase Grhasta Asrama dengan memiliki empat orang anak, yang beralamat di Jln. Veteran, Desa Tumbak Bayuh, Mengwi, Badung. Pada tanggal 29 Maret 2021
Wawancara dengan Ngurah Bagus Pasek Wirakesuma, ST., MM selaku tokoh adat di lingkungan Banjar Dangin Sema, Desa Tumbak Bayuh, Mengwi Badung, pada tanggal 04 April 2021.
Wawancara dengan I Putu Sudiana selaku prajuru adat (kelian adat) di lingkungan Banjar Dangin Sema, Desa Tumbak Bayuh, Mengwi Badung, pada tanggal 13 April 2021.