Music Creation Waringin | Tabuh Kreasi Waringin
DOI:
https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i3.2103Kata Kunci:
Tabuh Kreasi Pepanggulan, Waringin, Gong KebyarAbstrak
Dalam Agama Hindu Di Bali, pohon beringin merupakan salah satu pohon yang sangat dikeramatkan karena sangat dipercaya memiliki nilai religious. Bagi pencipta, secara visual dapat dilihat dari akarnya yang tergantung di atas dan juga merambat di bawah tanah mencerminkan dua keyakinan yang saling berkaitan yaitu keyakinan terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa dan kehidupan dalam alam semesta. Batangnya yang besar melambangkan kekuatan dan daun yang rindang, secara keseluruhan dapat menghadirkan keteduhan jagat dunia. Dari penjelasan di atas, pencipta sangat tertarik akan keberadaan pohon beringin, sehingga terinspirasi untuk mentransformasikan objek dimaksud ke dalam bentuk karya cipta Tabuh Kreasi Pepanggulan yang berjudul “Waringin” dengan media ungkap gamelan Gong Kebyar. Sumber inspirasinya dari sejarah pohon beringin yang dulunya ada di Pura Taman yang letaknya di sebelah balai banjar Banjar Paketan. Dulunya di Pura Taman ada pohon beringin yang umurnya sudah cukup tua, tetapi saat ini ditebang karena ada sesuatu dan lain hal. Penata membuat Karya Tabuh Kreasi Pepanggulan ini yang berjudul “Waringin” ingin tetap memberikan aura positif tentang pohon beringin yang sudah di tebang di Pura Taman Banjar Paketan. Tabuh Kreasi Pepanggulan ini dibuat oleh pencipta agar dapat berkelanjutan dilantunkan atau dipentaskan saat piodalan di Pura Pengaruman dan Pura Taman. Selain itu Tabuh Kreasi Pepanggulan ini dibuat agar Karya tidak vakum setelah Ujian Tugas Akhir (TA).
Unduhan
Referensi
Aryasa, dkk. (1984). pengetahuan karawitan Bali. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan Proyek Pengembangan Kesenian Bali.
Bandem, I. M. (2013). Gamelan Bali di atas Panggung Sejarah. Badan Penerbit STIKOM Bali.
Budi Pramana, I. P. R., & Suharta, I. W. (2023). Contemporary Music Composition “Konfrontasi” | Komposisi Musik Kontemporer “Konfrontasi.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 1(4), 290–298. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.371
Darmayasa, I. Ketut Agus, and Kadek Suartaya. 2023. “Music Composition ‘Sekar Layu’ | Komposisi Musik Inovatif ‘Sekar Layu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):224–33. doi: https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.422.
Dibia, I. W. (2020). Panca Sthiti Ngawi Sani: Metodologi Penciptaan Seni. Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.
Hawkins, Alma M. Disadur ke bahasa Indonesia Oleh Y. Sumandiyo Hadi. Mencipta Lewat
I Wayan Suharta, I Nyoman Suarka, I Wayan Cika, I Ketut Setiawan. "Gamelan Selonding Sacred Function in Tenganan Pegringsingan Village." E-Journal of Cultural Studies 14, no. 1 (2021): 20–28. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/cs.2021.v14.i01.p03.
Kariasa, I. N., & Putra, I. W. D. (2021). Karya Karawitan Baru Manikam Nusantara. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 222–229. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1471
Nagara, I. Putu Purwwangsa; I. Nyoman Sudiana. 2021. “Gamelan Gender Wayang Composition ‘Sandaran Laju’ | Komposisi Gamelan Gender Wayang ‘Sandaran Laju.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 01(02):117–25. doi: https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.333.
Pratama, G. M. R., & -, S. (2023). Campuhan: A New Music Creation | Campuhan: Sebuah Musik Kreasi Baru. GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 1(2), 92–99. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.149
Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020). TEKNIK PERMAINAN KENDANG TUNGGAL PADA GAMELAN BALI. Pusat Penerbitan LP2MPP ISI Denpasar. http://repo.isi-dps.ac.id/3795/
Pryatna, I. P. D. H. S. (2020). Konsep Musikal Instrumen kendang Dalam Gamelan Gong Kebyar Bali. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(2), 73–84. https://doi.org/10.24821/resital.v21i2.4220
Santosa, H. (2019). Mredangga: Perubahan dan Kelanjutannya. Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar.
Sukerta, Pande Made. 2010. TETABUHAN BALI 1. Surakerta: ISI PRESS Solo.
Sutyasa, I. Made Agus Natih, Saptono Saptono, and I. Ketut Muryana. 2023. “Karya Karawitan Inovatif ‘Ngincung.’” Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik 3(1):1–14. doi: https://doi.org/10.30872/mebang.v3i1.53.
Yudha, I. Nyoman, Putra Widiantara, Hendra Santosa, and Kadek Suartaya. 2020. “Proses Penciptaan Komposisi Karawitan Kreasi Baru Paras Paros.” 8(April):1–13. doi: https://doi.org/10.24821/promusika.v1i1.3607.