Seloding Music Banyu Urip | Tabuh Seloding Banyu Urip

Penulis

  • Dewa Gede Weda Astawa Seni Karawitan Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i4.2130

Kata Kunci:

Kata kunci: Banyu Urip, Taman Beji, Gamelan Slonding

Abstrak

Karya yang berjudul Banyu Urip ini mengangkat sebuah kisah sejarah beji taman sari yang dimana beji taman sari merupakan sumber air yang dapat memberikan kesembuhan terhadap umat yang terkena penyakit dan juga sebagai beji atau pesucian ida sesuhuan, yang di realisasikan kedalam bentuk karya tabuh barungan gamelan selonding dengan menambahkan media suling. Tujuan menggunakan gamelan sloding ingin mengungkapkan suasana dari pada penglukatan beji taman sari desa sangeh ini, yang betujuan untuk memperkenalkan lebih luas makna dari pada penglukatan beji taman sari desa sangeh yang memiliki kesucian dan memberikan kesehatan bagi umat yang melukat di beji taman sari desa sangeh. Dalam garapan ini menggunakan beberapa instrument diantaranya, satu instrument penem petuduh (ugal), satu instrument nyong-nyong alit, satu instrument nyong-nyong ageng, satu instrument gong ageng, satu instrument gong alit, satu instrument kempul alit, dan satu instrument kempul ageng. Adapun tahap-tahap atau metode yang dimaksud yaitu nguping (peniruan), menahin (memperbaiki), ngelesin (menghaluskan). Dari tahapan atau metode tersebut, penata melakukan proses kreatifitas dengan mengembangkan pola – pola  baik dari struktur, teknik permainan yang pada umumnya gamelan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adnyana, I. Made Putra; I. Gede Yudarta; Hendra Santosa. 2019. “Patra Dalung, Sebuah Komposisi Karawitan Bali Yang Lahir Dari Fenomena Sosial Di Desa Dalung.” Kalangwan: Jurnal Seni Pertunjukan 5(1):61–67.

Analis, J., & Poltekkes, K. (2017). Air dan tirta suci dalam kajian sains dan kesehatan. I Wayan Karta, 1–11.Darmayasa, I. Ketut Agus, and Kadek Suartaya. 2023. “Music Composition ‘Sekar Layu’ | Komposisi Musik Inovatif ‘Sekar Layu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):224–33. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.422.

Darmayasa, I. Ketut Agus, and Kadek Suartaya. 2023. “Music Composition ‘Sekar Layu’ | Komposisi Musik Inovatif ‘Sekar Layu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):224–33. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.422.

Dwi Antara Putra, Ni Ketut Dewi yulianti. 2022. “Bayu Wetan As An Inspiration For The Percussion Of The Hips Creations | Bayu Wetan Sebagai Inspirasi Tabuh Kreasi Pepanggulan.” Ghurnita Jurnal Seni Karawitan 2(1):71–76.

Haryanto, Tri, and I. Gede Yudana. 2023. “Contemporary Music Composition ‘Embryo’| Komposisi Musik Kontemporer ‘Embrio.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(1):1–10. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i1.147.

I Wayan Suharta, I Nyoman Suarka, I Wayan Cika, I Ketut Setiawan. "Gamelan Selonding Sacred Function in Tenganan Pegringsingan Village." E-Journal of Cultural Studies 14, no. 1 (2021): 20–28. https://doi.org/10.24843/cs.2021.v14.i01.p03.

Kusuma, Ananta, and Tri Haryanto. 2022. “Karawitan Composition ‘Catra Patra’ | Komposisi Karawitan ‘Catra Patra.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(1):1–8. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i1.374.

Purna Yasa, I. Made Rai, and Hendra Santosa. 2022. “The Transformation of Wargasari’s Kidung into Composition ‘Wehyang’ | Transformasi Kidung Wargasari Ke Dalam Komposisi Karawitan ‘Wehyang.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(3):173–79. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i3.476.

Raka, I. Made Raka Adnyana, and Saptono -. 2022. “Karawitan Composition ‘Samsara’ | Komposisi Karawitan ‘Samsara.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(4):266–74. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1151.

Rama, Rama Widana, and Wardizal -. 2023. “Music Composition Magringsing | Komposisi Tabuh ‘Magringsing.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):299–306. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.463.

S. A. M. Yuliari. (2019). No Title. PANGLUKATAN SAPTA GANGGA PERSPEKTIF USADA BALI, 2(2).

Samego, Kadek, and Tri Haryanto. 2023. “Karawitan Composition Brama Rupa | Komposisi Karawitan Brama Rupa.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):281–89. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.480.

Sandiawan, I. Kadek Deo, Hendra Santosa, and Ni Putu Hartini. 2022. “Komposisi Tabuh Kreasi Sekar Taji.” Journal of Music Science, Technology, and Industry 5(2):241–55. doi: 10.31091/jomsti.v5i2.2135.

Santosa, Hendra. 2017. “Gamelan Perang Di Bali Abad Ke-10 Sampai Awal Abad Ke-21.” Sumedang: Universitas Padjadjaran.

Saptono; Hendra, S. (2016). Gamelan Sistem Sepuluh Nada dalam Satu Gembyang untuk Olah Kreativitasa Karawitan Bali. Pantun, 1(2).

Sentana, I. Komang Diki Putra, Hendra Santosa, and Ni Wayan Masyuni Sujayanthi. 2022. “KARYA KOMPOSISI PETEGAK KREASI JEGOG ‘NGAKIT.’” Sorai: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik 14(2):80–87. doi: 10.33153/sorai.v14i2.4148.

Sudirga, Komang., Hendra Santosa., Diyah Kustiyanti. 2015. “Jejak Karawitan Dalam Kakawin Arjuna Wiwaha: Kajian Bentuk, Fungsi, Dan Makna.” Segara Widya 3:471–81. doi: https://doi.org/10.31091/sw.v3i0.218.

Sutyasa, I. Made Agus Natih, Saptono Saptono, and I. Ketut Muryana. 2023. “Karya Karawitan Inovatif ‘Ngincung.’” Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik 3(1):1–14. doi: 10.30872/mebang.v3i1.53.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Terbitan

Bagian

Articles