Introduction to the Gamelan Semar Pagulingan in the Batur Traditional Village | Pengenalan Gamelan Semar Pagulingan Di Desa Adat Batur

Penulis

  • Aghastya Radha Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v4i2.3071

Kata Kunci:

Desa Batur, Gamelan, KKNT, Semar Pagulingan

Abstrak

Desa Batur Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli sangatlah dikenal dengan kesenian Gong Gede dan Tari Baris, hanya saja dalam bidang kesenian khususnya seni karawitan pada gamelan golongan madya salah satunya yaitu gamelan Semar Pagulingan, masih sangat perlu ditingkatkan Hal ini dikarenakan masyarkat Desa Batur lebih fokus pada Gamelan golongan Tua seperti Gong Gede, sementara gamelan golongan madya (Semar Pagulingan) belum dikenali secara dekat baik karakteristik, fungsi, dan tehniknya, seperti gamelan gong gede. Maka dari hal tersebut Desa Batur mengajukan surat permintaan agar ada mahasiswa yang KKN di Desa Batur untuk memberikan jalan terang terhadap gamelan Semar Pagulingan. Di Desa Batur tidak ada pioner yang mengetahui tentang gamelan Semar Pagulingan bahwa gamelan Semar Pagulingan ternyata memiliki sistem patet dan gamelan ini tidak seperti gong kebyar atau gong gede.Solusi yang kami tawarkan pada Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) ini yaitu, pelatihan pada gamelan Semar Pagulingan terhadap tempek undagi yang akan diinisiasi oleh penulis. Hal ini Mahasiswa dapat berkontribusi dalam memberikan penguatan, pelatihan, dan pengetahuan.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anon. n.d. “Bebaturan Adalah Sebuah Motif Pukulan Yang Diambil Dari Daerah Batur (Bangli) Embat Adalah Teknik Permainan Instrumen Trompong Dengan Memukul Dua Nada Yang Sama Dengan Oktaf Yang Berbeda Dalam Instrumen Terompong Yang Diawali Dengan Dua Nada Tengah Dianta.”

Arimbawa, I. Putu Restu Krisna, and I. Ketut Partha. 2022. “Introduction to the Musical Composition ‘Windu Sara’ | Pengantar Karya Komposisi Karawitan ‘Windu Sara.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(3):201–8. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i3.1184.

Darmayasa, I. Ketut Agus, and Kadek Suartaya. 2023. “Music Composition ‘Sekar Layu’ | Komposisi Musik Inovatif ‘Sekar Layu.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(4):224–33. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i4.422.

Gede Rudita, I. Ketut, I. Putu Gede Padma Sumardiana, and Ida Ayu Putu Sari. 2019. “Pengembangan Tabuh Tari Wali Sanggar Seni Pari Gading Desa Pupuan Sawah, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.” Widyanatya 1(2):92–111. doi: 10.32795/widyanatya.v1i2.500.

Hawkins, A. M. n.d. Mencipta Lewat Tari (Terjemahan Oleh Y. Sumandiyo Hadi). Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

Kariasa, I. Nyoman, Wardizal Wardizal, and Hendra Santosa. 2023. “The Creative Process of Creating Dance Accompaniment Gendhing Murdanata Dedarining Aringgit: The Mascot Dance of Nagasepaha Village in Buleleng Regency, Bali.” Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni 18(2):146–58. doi: 10.33153/dewaruci.v18i2.4904.

Kusuma, Ananta, and Tri Haryanto. 2022. “Karawitan Composition ‘Catra Patra’ | Komposisi Karawitan ‘Catra Patra.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(1):1–8. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i1.374.

Nandayana, Kadek Prema, and Saptono -. 2023. “Karawitan Composition ‘Bhuana Santhi’ | Komposisi Karawitan ‘Bhuana Santhi.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 3(1):9–17. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i1.1130.

Pratama, Gede Made Rama, and Saptono -. 2023. “Campuhan: A New Music Creation | Campuhan: Sebuah Musik Kreasi Baru.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 1(2):92–99. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.149.

Pryatna, Hendra Santosa; I. Komang Sudirga; I. Putu Danika. 2020. Teknik Permainan Kendang Tunggal Pada Gamelan Bali. Denpasar: Pusat Penerbitan LP2MPP ISI Denpasar.

Pryatna, I. Putu Danika; Hendra Santosa. 2020. “Konsep Musikal Instrumen Kendang Dalam Gamelan Gong Kebyar Bali.” Resital: Jurnal Seni Pertunjukan 21(2):73–84. doi: 10.24821/resital.v21i2.4220.

Putu Paristha Prakasih, Hendra Santosa, I. Gede Yudarta. 2018. “Tirtha Campuhan: Karya Komposisi Baru Dengan Media Gamelan Semar Pagulingan.” Resital: Jurnal Seni Pertunjukan 19(3):113–21. doi: 10.24821/resital.v19i3.2452.

Raka, I. Made Raka Adnyana, and Saptono -. 2022. “Karawitan Composition ‘Samsara’ | Komposisi Karawitan ‘Samsara.’” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan 2(4):266–74. doi: 10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i4.1151.

Santosa, H., Saptono, & Sutirtha, I. W. (2022). I Nyoman Windha Sang Maestro Karawitan Bali (Abdul (ed.)). Penerbit Adab. http://repo.isi-dps.ac.id/5100/

Sudiatmika, Made. 2011. “Peranan Sruti Dalam Patutan Gambelan Semar Pagulingan Saih Pitu.” Artikel Bulan Juli (2011).

Sukarta, Pande Made. 2001. Jenis-Jenis Tungguhan Karawitan Bali.

Yasa, I. Ketut. 2017. “Aspek Musikologis Gêndér Wayang Dalam Karawitan Bali.” Resital: Jurnal Seni Pertunjukan 17(1):46–59. doi: 10.24821/resital.v17i1.1689.

Yudarta, I. G. 2023. Sosialisasi Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Denpasar: ISI Denpasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-07

Terbitan

Bagian

Articles