Jwanala Yuddha Karawitan Art Composition | Komposisi Seni Karawitan Jwanala Yuddha
DOI:
https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v4i1.3357Kata Kunci:
Jwanala Yuddha, mabuu-buu, Semar Pagulingan, SelondingAbstrak
Jwanala Yuddha merupakan suatu karya komposisi Seni Karawitan. Karya ini terbentuk, dilatarbelakangi oleh spirit dari tradisi mabuu-buu yang ada di daerah Banjar Rangkan, Ketewel. Karya ini menggunakan Gamelan Selonding dan beberapa instrumen dari Gamelan Semara Pegulingan sebagai media ungkap. Karya Jwanala Yuddha ini, dibentuk dengan menggunakan metode penciptaan karya seni oleh Alma M. Hawkins dalam bukunya yang berjudul Creating Through Dance, yang meliputi tiga tahapan yaitu Exploration (eksplorasi), Improvisation (percobaan), Forming (pembentukan). Karya ini terdiri dari tiga bagian, yang pada tiap bagian mempunyai karakter untuk mengimplementasikan tradisi mebuu-buu tersebut. Musisi yang terlibat dalam penggarapan karya ini adalah sebanyak 18 orang termasuk dengan penulis dan karya ini berdurasi kisaran 11 menit.
Unduhan
Referensi
Bandem, I. M. (1986). Prakempa sebuah Lontar Gamelan Bali. Akademi Seni Tari Indonesia.
Daniswara, I. P. (2023). Megineman Sebuah Komposisi Karawitan Kreasi Baru. GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 1(2). https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v1i2.335
Kariarta, I. W. (2021). Upacara Melasti (Resakralisasi Dalam Persfektif Teologi Sosial). Jñãnasiddhânta: Jurnal Prodi Teologi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 3(1), 63–72. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/jnanasidanta/article/view/1920
L, M. (1992). Kamus Indonesia – Jawa Kuno. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Ni Wayan Gateri. (2021). Makna Hari Raya Nyepi Sebagai Peningkatan Spiritual. Vol 19 No 2 (2021): Tampung Penyang, Vol 19 No(https://www.ejournal.iahntp.ac.id/index.php/tampung-penyang/issue/view/72).
Norhayati, M. (2019). Unforgettable Moment Ke Dalam Karya Batik. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.
Paramarta, I. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Hindu pada Pelaksanaan Tawur Kesanga Hari Raya Nyepi di Kota Palangka Raya. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 12(1).
Partami, N. L. (2016). KAMUS BALI-INDONESIA. Balai Bahasa Bali.
Purnomo, T., Aulia, S., & Hirza, H. (2023). Optimalisasi Fruity Loops Studio Mobile Dalam Pembuatan Karya Musik Berbasis Pendidikan Karakter. Grenek Music Journal, 12, 1. https://doi.org/10.24114/grenek.v12i1.39987
Sutyasa, I. M. A. N., Saptono, S., & Muryana, I. K. (2023). Karya Karawitan Inovatif “Ngincung.” Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik, 3(1). https://doi.org/10.30872/mebang.v3i1.53
Wijaya, I. K. A. A. (2023). Music Creations Hyang | Tabuh Kreasi Hyang. GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 3(2). https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v3i2.2146
Winantara, I. K. (2018). Skrip Karya Seni Meguli. UPT Perpustakaan ISI Denpasar.