Meguru Panggul and Meguru Kuping Learning Strategy for the Young Generation at the Hari Dwipa Gamelan Group | Strategi Pembelajaran Meguru Panggul dan Meguru Kuping Pada Generasi Muda Di Hari Dwipa Gamelan Group

Penulis

  • I Gusti Gde Diko Nalendra Swarbawa Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v4i4.3988

Kata Kunci:

Strategi Pembelajaran, Meguru Panggul, Meguru Kuping

Abstrak

Abstrak ini menampilkan bagaimana penerapan strategi pembelajaran meguru panggul dan meguru kuping di Sanggar Seni Hari Dwipa Gamelan Group yang berada di Kabupaten Tabanan sebagai salah satu upaya meregenerasi pelaku seni khususnya karawitan pada anak-anak usia sekolah yaitu Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Teknik pengumpulan data pelaksanaan program magang/praktik kerja MBKM ini adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan serta partisipasi dengan mengikuti seluruh kegiatan yang menjadi program Sanggar Hari Dwipa Gamelan Group. Hasil dari analisis data yang diperoleh disampaikan secara narasi deskriptif. Diperoleh kesimpulan bahwa proses meguru panggul terjadi saat peserta didik melihat arah dan gerakan panggul di tangan pengajar saat memainkan gending terlebih dahulu. Proses meguru panggul berjalan selaras dengan gending yang dimainkan dan memerlukan pengulangan hingga peserta didik dapat memadukan pemahamannya dengan suara atau bunyi nada yang dihasilkan oleh alat yang dimainkan. Saat peserta didik memahami nada secara utuh pada gending yang dimainkan pengajar maka proses meguru kuping berjalan yaitu peserta didik dengan kepekaan telinga mampu mendengarkan dengan seksama dan selanjutnya dapat menuangkan gending ke dalam instrumen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arsana, I Kadek. Mawan, I Gede dan I Wayan Diana Putra. Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Gamelan Gong Kebyar di Sanggar Batur Sari Desa Batuan Sukawati Gianyar. Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar.

Dibia, I Wayan. 2020. Metodelogi Penciptaan Seni Panca Sthiti Ngawi Sani. 2020.

Donder, I Ketut. 2005. Esensi Bunyi Gamelan Dalam Prosesi Ritual Hindu: Perspektif Filosofis-teologis, Psikologis, Sosiologis dan Sains. Surabaya: Paramita.

Indriani, fitri. 2022. Strategi Pembelajaran Berbasis Project Dalam Bingkai Keterampilan Abad 21, Yogyakarta: K-Media.

Kartawan, I & Buckton, Roger. (2022). Tata Letak Instrumen dalam Konteks Strategi Pengajaran dan Pertunjukan Musik Gamelan Bali di Canterbury University, New Zealand. Mudra Jurnal Seni Budaya. 37. 412-424. 10.31091/mudra.v37i4.2124.

Mangifesta, Nico. (2023). The Meguru Panggul Methodology Online: Characteristics of the e-Learning Videos of Balinese Gamelan Music https://www.sibetrans.com/trans/public/docs/3-the-meguru-panggul-methodology-online.pdf

Nasution, W. N. 2017. Strategi pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Novianta, Made. (2022). Metode Pembelajaran Gending Tabuh Telu Buaya Mangap https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/caraka/article/view/2171

Pryatna, H. S. I. K. S. I. P. D. (2020). Teknik Permainan Kendang Tunggal Pada Gamelan Bali. Pusat Penerbitan LP2MPP ISI Denpasar. http://repo.isi-dps.ac.id/3795/

Pryatna, I. P. D. H. S. (2020). Konsep Musikal Instrumen kendang Dalam Gamelan Gong Kebyar Bali. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(2), 73–84. https://doi.org/10.24821/resital.v21i2.4220

Pryatna, I. P. D., Santosa, H., & Sudirga, I. K. (2020). Permainan Kendang Bali. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 15(2), 90–100. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v15i2.2991

Purna Yasa, I. M. R., & Santosa, H. (2022). The Transformation of Wargasari’s Kidung into Composition “Wehyang” | Transformasi Kidung Wargasari ke dalam Komposisi Karawitan “Wehyang.” GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan, 2(3), 173–179. https://doi.org/10.59997/jurnalsenikarawitan.v2i3.476

Putra, Agus Kastama. (2022). Strategi Pembelajaran Gong Kebyar Di Pasraman Teratai Tenggarong, Kalimantan Timur https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadharma/article/view/2184/1555

Putu Paristha Prakasih, Hendra Santosa, I. G. Y. (2018). Tirtha Campuhan: Karya Komposisi Baru dengan Media Gamelan Semar Pagulingan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 19(3), 113–121. https://doi.org/10.24821/resital.v19i3.2452

Sapuadi, 2019. Strategi Pembelajaran, Medan: Harapan Cerdas.

Saputra, I Nyoman Diouf. 2023. Pembelajaran Praktek Seni Karawitan di Desa Sidakarya. GHURNITA: Jurnal Seni Karawitan.

Sudikan, Setya Yuwana. 2001. Metode Penelitian Kebudayaan. Surabaya: Unesa

Sudirana, Wayan. (2018). Meguru Panggul and Meguru Kuping; The Method of Learning and Teaching Balinese Gamelan) https://www.researchgate.net/publication/325299728_Meguru_Panggul_and_Meguru_Kuping_The_Method_of_Learning_and_Teaching_Balinese_Gamelan

Sukerta, Pande Made. 2011. Metode Penyusunan Karya Musik (Sebuah Alternatif), Surakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Program Pascasarjana, ISI Surakarta.Unipress dengan Citra Wacana.

Upadana, Ngurah Edi. (2024). Pembinaan Tabuh Gilak Rahwana Di Kalangan Sekaa Gong Anak-Anak Desa Singakerta. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/ghurnita/article/view/2455/1188

Wulandari, Ika; Destini, Frida; Khairani, Fadhila. 2022. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Media Akademi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-24

Terbitan

Bagian

Articles