PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING MELALUI PERTUNJUKAN SENI DRAMA RANTAI BULLY DI SANGGAR SENI NRITHYA GRAHA SIWANATARAJA

Isi Artikel Utama

Ni Kadek Putri Krisna Dewi
Ni Made Haryati

Abstrak

Bullying adalah suatu keinginan yang dimiliki oleh seseorang untuk menyakiti, biasanya terjadi berulang-ulang dan dapat menimbulkan perasaan menderita pada seseorang. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya pem-bully-an pada anak-anak sekolah di Sanggar Seni Nrithya Graha Siwanataraja adalah dengan cara memberikan pemaham terkait perilaku bullying melalui pertunjukan seni drama, yaitu salah satu drama yang berjudul “Rantai Bully”. Drama ini mengisahkan tentang bullying yang terjadi pada anak-anak di sekolah. Demonstrasi adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dan juga kuesioner sebagai instrument dalam pengumpulan data. Didapatkan total skor pemahaman bullying berdasarkan variabel sesudah pendemonstrasian pertunjukan seni drama “Rantai Bully”, yaitu: 1) total skor pemahaman pengertian bullying adalah 48; 2) total skor pemahaman perilaku bullying adalah 130; 3) total skor pemahaman dampak bullying adalah 91; dan 4) total skor pemahaman upaya mencegah terjadi bullying adalah 45. Pemahaman tentang bullying sangat penting dimiliki oleh setiap anak. Karena dengan pemahaman yang dimiliki, dapat membantu anak agar tidak terjerumus ke dalam perilaku bullying. Berdasarkan total skor pervariabel dapat disimpulkan, bahwa pemahaman responden mengenai bullying mengalami peningkatan setelah pendemonstrasian seni drama “Rantai Bully”. Drama dapat dijadikan pembelajaran dalam memberikan pemahaman terkait bullying. Karena melalui drama, kisah hidup maupun masalah sosial yang ada di masyarakat dapat dengan mudah dipahami melalui pesan amat yang disampaikan dalam pertunjukkannya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dewi, N. K. P. K. ., & Haryati, N. M. . (2022). PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING MELALUI PERTUNJUKAN SENI DRAMA RANTAI BULLY DI SANGGAR SENI NRITHYA GRAHA SIWANATARAJA . PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 2(2), 129–138. https://doi.org/10.59997/pensi.v2i2.1812
Bagian
Articles