PEMBELAJARAN DRAMA MONOLOG TIMUN MAS DENGAN METODE SOSIO DRAMA DI SMPK SANTO YOSEPH DENPASAR

Penulis

  • Mauren Nurak Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Yulinis Yulinis Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Made Liza Anggara Dewi Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/pensi.v3i1.2170

Kata Kunci:

Asistensi, pembelajaran, monolog,  sosio drama, Timun Mas.

Abstrak

Program asistensi mengajar merupakan salah satu kegiatan yang menjadi bagian dari beberapa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang ditawarkan oleh Kemendikbud kepada mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia. SMPK Santo Yoseph merupakan salah satu Sekolah Menegah Pertama swasta dengan akreditasi A, yang mengedepankan penanaman nilai pendidikan karakter bagi para peserta didiknya. Sekolah Menengah Pertama yang terletak di Jl. PB Sudirman Denpasar menjadi sasaran penulis dalam penilitian mengenai pembelajaran seni budaya di bidang drama. Pendidikan seni budaya perlu diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan pemanfaatan terhadap suatu kebutuhan perkembangan peserta didik, dan pemanfaatan terhadap kebutuhan peserta didik yang terletak pada pemberian pengalaman estetika dalam bentuk kegiatan berapresiasi atau berkreasi.Drama adalah kisah kehidupan manusia yang kemudian dijadikan sebuah pertunjukan atau dipentaskan berdasarkan naskah, percakapan, gerak laku, unsur-unsur pembantu (dekor, kostum, rias, lampu, musik), dan disaksikan oleh penonton. Drama merupakan bagian seni budaya dan memiliki hubungan yang sangat erat karena drama adalah salah satu karya sastra yang termasuk ke dalam seni peran. Drama monolog adalah seni peran yang dipertunjukkan seorang diri saja. Dalam arti lain, monolog dapat dikatakan sebagai seseorang yang berbicara sendiri. Metode Sosio drama merupakan metode mendramatisasikan tingkah laku manusia, yang dapat melibatkan interaksi antara dua orang lebih tentang suatu tema. Metode Sosio drama ini diterapkan di SMPK Santo Yoseph Denpasar agar dapat melatih mental anak untuk mendramatisasikan suatu keberanian metode Sosio drama ini sangat menarik perhatian anak, karena suasana kelas semakin hidup melalui metode Sosio drama anak-anak bisa menghayati suatu peristiwa, sehingga sangat mudah untuk mengambil kesimpulan berdasarkan penghayatan sendiri.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

Nurak, M., Yulinis, Y., & Dewi, N. M. L. A. . (2023). PEMBELAJARAN DRAMA MONOLOG TIMUN MAS DENGAN METODE SOSIO DRAMA DI SMPK SANTO YOSEPH DENPASAR. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.59997/pensi.v3i1.2170

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.