Pelatihan Penulisan Lukis Kaligrafi Arab untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Pendidikan Dasar di Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Authors

  • Ahmad Shofiyuddin Ichsan Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Ikhsanudin Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, Indonesia
  • Lina Lina Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Arif Kurniawan Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Khairunnas Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, Indonesia
  • Dhiya Ulhaq Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, Indonesia
  • Anggi Pascalia Dewi Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, Indonesia
  • Amalia Putri Isyanti Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, Indonesia
  • Dewi Lailatul Isnaini Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, Indonesia
  • Latifa Nur Hasanah Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59997/awjpm.v4i1.4604

Keywords:

Pelatihan Penulisan, Seni Lukis, Kaligrafi Arab, Kreativitas, Anak Pendidikan Dasar

Abstract

Seni berbasis agama, salah satunya seni kaligrafi Arab, semakin hari semakin tidak diminati oleh masyarakat, sehingga seni ini memiliki peran penting untuk ditingkatkan dan dikembangkan, khususnya di dunia pendidikan. Untuk itu, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kreativitas penulisan seni lukis kaligrafi Arab bagi anak-anak usia pendidikan dasar di Koripan 1 Dlingo Bantul Yogyakarta. Pengabdi melakukan beberapa langkah dalam mengimplementasikan pelatihan ini. Metode yang digunakan pengabdi adalah metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa ketiga metode di atas dapat meningkatkan kreativitas anak dalam penulisan lukis kaligrafi sesuai dengan standar kaidah khat yang benar. Hal ini karena pengabdi mengimplementasikan teori manajemen dengan baik, yakni sebelum melakukan pelatihan, pengabdi membuat tahapan persiapan. Lalu, melakukan tahapan implementasi dengan berbagai strategi dan metode. Di akhir acara, pengabdi melakukan evaluasi dengan pihak-pihak terkait tentang tindak lanjut dari kegiatan ini ke depannya.

Downloads

Downloads

Published

2025-04-05

How to Cite

Ichsan, A. S., Ikhsanudin, M. ., Lina, L., Kurniawan, M. A. ., Khairunnas, M. ., Ulhaq, D. ., … Hasanah, L. N. . (2025). Pelatihan Penulisan Lukis Kaligrafi Arab untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Pendidikan Dasar di Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Abdi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.59997/awjpm.v4i1.4604

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.