DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SIGN SYSTEM SEBAGAI SARANA PENUNJANG ECO GREEN SCHOOL
Main Article Content
Abstract
Saat ini terdapat berbagai masalah lingkungan di Indonesia, seperti masalah banjir, longsor, kesulitan air bersih, serta polusi udara, air dan tanah yang akhirnya berpotensi mengurangi kualitas kesehatan masyarakat. Hal tersebut menjadi pemikiran dari berbagai macam lini masyarakat. Salah satunya sekolah dasar yang menjadi lini pertama pendidikan usia dini di Indonesia. Seiring berkembangnya waktu dan media digital yang memberikan informasi terbaru mengenai permasalahan ini membuat kesadaran mengenai pentingnya kepedulian lingkungan semakin muncul, tidak hanya pada orang dewasa pun juga pada anak usia dini. Hal tersebut ditangkap salah satunya oleh SD Labschool Unesa 1 yang mengarahkan sekolahnya menjadi Eco Green School yang menjadi awal anak usia dini mengenal mengenai masalah lingkungan dan pemecahannya. Sekolah ini juga memiliki visi dan misi agar nantinya akan mencapai predikat sekolah Adiwiyata, sehingga berbagai macam peningkatan sarana yang berkaitan dengan green school dikembangkan. Namun dalam prakteknya beberapa media visual belum dikemas dengan baik sehingga belum mudah dipahami murid sekolah. Media visual sign system yang memuat edukasi kepedulian lingkungan dapat menjadi cara yang efektif untuk mengedukasi siswa. Selain sebagai sistem penanda, sign system juga dapat memuat informasi tentang sebuah kebiasaan dan pengetahuan baru di lingkungan sekolah karena dapat diakses setiap saat dan berada di sekitar siswa dalam berbagai area ruang publik saat mereka sedang beraktivitas di sekolah. Melalui metode perancangan design thinking yang berorientasi pada pengguna, diharapkan sign system ini dapat menjadi media yang efektif untuk menanamkan rasa peduli lingkungan sejak dini.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).