Analisis Perubahan Trend Iklan Gojek Versi Video Animasi Dalam Sudut Pandang Media Dependency
Main Article Content
Abstract
Penayangan Iklan Gojek berbasis audio visual (TVC) merupakan upaya tepat untuk mencari konsumen dan menonjolkan bisnisnya di bidang transportasi online. Gojek memilih TV dan youtube sebagai dua media yang paling banyak diakses audiens di era IoT. Sejak 2015 hingga 2020, Gojek menyajikan TVC dengan teknik penyajian pesan yang sering berganti, semula menggunakan pendekatan serius berubah menjadi humor parodi serta yang awalnya hanya dikemas dalam video, kini juga disajikan dalam animasi. Hal ini jarang dilakukan karena stigma animasi yang tidak realis dan dianggap hanya cocok untuk anak-anak. Perubahan tersebut mendorong dilakukannya penelitian terhadap TVC Gojek. Penelitian menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan teori Media Dependency untuk menemukan sebab-akibat perubahan TVC Gojek dalam empat aspek: social systems, media system, audiences, dan effects. Hasil penelitian ini yaitu ditemukannya urgensi perubahan trend TVC dari sisi internal (Gojek) dan eksternal (trend media, lingkungan, dan kebutuhan audiens), sehingga bisa menjadi acuan untuk menentukan pola konsep penyajian pesan dan pendekatan cerita dalam TVC Gojek maupun TVC perusahaan lain di masa mendatang.
Downloads
Article Details
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Anonim. (2020). Top Brand Award Fase 2 2020: Kategori Retail (Jasa Transportasi Online). Diakses dari: https://www.topbrand-award.com/en/top-brand-index-int/?tbi_index=Top%20Brand&tbi_year=2020, pada: 14 Oktober 2020, pukul 21.40 wib
Ardianto, et al. (2005). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ball, J., dan Byrnes, F. C. (2004). Research, Principals and Practice in Visual Communication. Charlotte: Information Age Publishing Inc
Bertens, Kees. (2000). Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius
Bryant, J., Thompson, S., dan Finklea, B. W. (2013). Fundamentals of Media Effects: Second Edition. Long Grove: Waveland Press
Burhanudin, Tony. (2019). Iklan Gojek Juara Pertama Most Loved Ads 2019 Seasons Ramadhan. Diakses dari: https://marketing.co.id/iklan-gojek-juara-pertama-most-loved-ads-2019-seasons-ramadhan/, pada: 14 Oktober 2020, pukul 21.50 wib
Fajar, Taufik. (2019). Studi Nielsen: Pemirsa Indonesia Habiskan 5 jam Nonton TV, 3 Jam Berselancar di Internet. Diakses dari: https://economy.okezone.com/read/2019/03/05/320/2025987/studi-nielsen-pemirsa-indonesia-habiskan-5-jam-nonton-tv-3-jam-berselancar-di-internet?page=1, pada: 14 Oktober 2020, pukul 20.10 wib
Haryadi, Toto. (2016). Analisis Iklan Televisi Sampoerna Hijau Versi “Es Kacang Ijo” dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes. Jurnal JADECS, Vol.1 No.1, p 1-16. Malang: Universitas Negeri Malang
Haryadi, T. dan Saputro, G. E. (2018). Tinjauan Desain Iklan dalam Sudut Pandang Majas Visual (Studi Kasus: Iklan Media Billboard di Kota Semarang). Jurnal Demandia, Vol.3 No.1, p 97-115. Bandung: Universitas Telkom
Kindem, G., dan Musburger, R. B. (2005). Introduction to Media Production The Path to Digital Media Production (Third Edition). Burlington: Focal Press (Elsivier)
Kriyantono, Rahmat. (2013). Manajemen Periklanan: Teori dan Praktik. Malang: Universitas Brawijaya Press
Latief, R., dan Utud, Y. (2017). Siaran Televisi Nondrama: Kreatif, Produktif, Public Relations, dan Iklan. Jakarta: Kencana
Lubis, Mila. (2020). Belanja Iklan 2020 Ditutup dengan Tren Positif. Diakses dari: https://www.nielsen.com/id/id/press-releases/2020/belanja-iklan-2019-ditutup-dengan-tren-positif/, pada: 14 Oktober 2020, pukul 20.15 wib
Nugroho, A., dan Haryadi, T. (2017). Posmodernisme dalam Iklan Teh “Javana”. Jurnal Andharupa, Vol. 3 No. 2, p 154-165. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro
Oktarina, Y. dan Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish
Sachari, Agus. (2005). Pengantar Metode Penelitian Budaya Rupa dan Desain (Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga
Simartama, J. Et al. (2020). Elemen-Elemen Multimedia untuk Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis
Tabrani, Primadi. (2005). Bahasa Rupa. Bandung: Kelir
Tarinanda, A. A. P. (2020). Pengaruh Talkshow Mata Najwa terhadap Pemikiran Mahasiswa sebagai Agent of Change dalam Teori Komunikasi Massa dan Perubahan
Masyarakat: Bunga Rampai. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Tempo. (2019). Gojek dan Ekspansi Menjadi Perusahaan Multinasional Karya Indonesia. Jakarta: Tempo Publising
Wells, W., Burnet, J., dan Moriarty, S. (2003). Advertising: Principles & Practice. New Jersey: Pearson Educational International
Yusup, P. M. dan Subekti, P. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi (Information Retrieval). Jakarta: Kencana (Prenada Media Group)