Analisis Perubahan Trend Iklan Gojek Versi Video Animasi Dalam Sudut Pandang Media Dependency

Main Article Content

Toto Haryadi
Abi Senoprabowo
Puri Sulistiyawati

Abstract

Penayangan Iklan Gojek berbasis audio visual (TVC) merupakan upaya tepat untuk mencari konsumen dan menonjolkan bisnisnya di bidang transportasi online. Gojek memilih TV dan youtube sebagai dua media yang paling banyak diakses audiens di era IoT. Sejak 2015 hingga 2020, Gojek menyajikan TVC dengan teknik penyajian pesan yang sering berganti, semula menggunakan pendekatan serius berubah menjadi humor parodi serta yang awalnya hanya dikemas dalam video, kini juga disajikan dalam animasi. Hal ini jarang dilakukan karena stigma animasi yang tidak realis dan dianggap hanya cocok untuk anak-anak. Perubahan tersebut mendorong dilakukannya penelitian terhadap TVC Gojek. Penelitian menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan teori Media Dependency untuk menemukan sebab-akibat perubahan TVC Gojek dalam empat aspek: social systems, media system, audiences, dan effects. Hasil penelitian ini yaitu ditemukannya urgensi perubahan trend TVC dari sisi internal (Gojek) dan eksternal (trend media, lingkungan, dan kebutuhan audiens), sehingga bisa menjadi acuan untuk menentukan pola konsep penyajian pesan dan pendekatan cerita dalam TVC Gojek maupun TVC perusahaan lain di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Haryadi, T., Senoprabowo, A., & Sulistiyawati, P. (2021). Analisis Perubahan Trend Iklan Gojek Versi Video Animasi Dalam Sudut Pandang Media Dependency. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 2(01), 16–27. https://doi.org/10.59997/amarasi.v2i01.75
Section
Artikel

References

Anonim. (2020). Top Brand Award Fase 2 2020: Kategori Retail (Jasa Transportasi Online). Diakses dari: https://www.topbrand-award.com/en/top-brand-index-int/?tbi_index=Top%20Brand&tbi_year=2020, pada: 14 Oktober 2020, pukul 21.40 wib

Ardianto, et al. (2005). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ball, J., dan Byrnes, F. C. (2004). Research, Principals and Practice in Visual Communication. Charlotte: Information Age Publishing Inc

Bertens, Kees. (2000). Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius

Bryant, J., Thompson, S., dan Finklea, B. W. (2013). Fundamentals of Media Effects: Second Edition. Long Grove: Waveland Press

Burhanudin, Tony. (2019). Iklan Gojek Juara Pertama Most Loved Ads 2019 Seasons Ramadhan. Diakses dari: https://marketing.co.id/iklan-gojek-juara-pertama-most-loved-ads-2019-seasons-ramadhan/, pada: 14 Oktober 2020, pukul 21.50 wib

Fajar, Taufik. (2019). Studi Nielsen: Pemirsa Indonesia Habiskan 5 jam Nonton TV, 3 Jam Berselancar di Internet. Diakses dari: https://economy.okezone.com/read/2019/03/05/320/2025987/studi-nielsen-pemirsa-indonesia-habiskan-5-jam-nonton-tv-3-jam-berselancar-di-internet?page=1, pada: 14 Oktober 2020, pukul 20.10 wib

Haryadi, Toto. (2016). Analisis Iklan Televisi Sampoerna Hijau Versi “Es Kacang Ijo” dengan Pendekatan Semiotika Roland Barthes. Jurnal JADECS, Vol.1 No.1, p 1-16. Malang: Universitas Negeri Malang

Haryadi, T. dan Saputro, G. E. (2018). Tinjauan Desain Iklan dalam Sudut Pandang Majas Visual (Studi Kasus: Iklan Media Billboard di Kota Semarang). Jurnal Demandia, Vol.3 No.1, p 97-115. Bandung: Universitas Telkom

Kindem, G., dan Musburger, R. B. (2005). Introduction to Media Production The Path to Digital Media Production (Third Edition). Burlington: Focal Press (Elsivier)

Kriyantono, Rahmat. (2013). Manajemen Periklanan: Teori dan Praktik. Malang: Universitas Brawijaya Press

Latief, R., dan Utud, Y. (2017). Siaran Televisi Nondrama: Kreatif, Produktif, Public Relations, dan Iklan. Jakarta: Kencana

Lubis, Mila. (2020). Belanja Iklan 2020 Ditutup dengan Tren Positif. Diakses dari: https://www.nielsen.com/id/id/press-releases/2020/belanja-iklan-2019-ditutup-dengan-tren-positif/, pada: 14 Oktober 2020, pukul 20.15 wib

Nugroho, A., dan Haryadi, T. (2017). Posmodernisme dalam Iklan Teh “Javana”. Jurnal Andharupa, Vol. 3 No. 2, p 154-165. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro

Oktarina, Y. dan Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish

Sachari, Agus. (2005). Pengantar Metode Penelitian Budaya Rupa dan Desain (Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya). Jakarta: Erlangga

Simartama, J. Et al. (2020). Elemen-Elemen Multimedia untuk Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis

Tabrani, Primadi. (2005). Bahasa Rupa. Bandung: Kelir

Tarinanda, A. A. P. (2020). Pengaruh Talkshow Mata Najwa terhadap Pemikiran Mahasiswa sebagai Agent of Change dalam Teori Komunikasi Massa dan Perubahan

Masyarakat: Bunga Rampai. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Tempo. (2019). Gojek dan Ekspansi Menjadi Perusahaan Multinasional Karya Indonesia. Jakarta: Tempo Publising

Wells, W., Burnet, J., dan Moriarty, S. (2003). Advertising: Principles & Practice. New Jersey: Pearson Educational International

Yusup, P. M. dan Subekti, P. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi (Information Retrieval). Jakarta: Kencana (Prenada Media Group)