IMPLEMENTASI FOTOGRAFI SMARTPHONE DAN APLIKASI CANVA DALAM DESAIN IKLAN PRODUK UMKM LUMINTU

Main Article Content

Toto Haryadi
Erisa Adyati Rahmasari

Abstract

Fotografi merupakan salah satu bidang yang mengalami perkembangan pesat hingga muncul berbagai genre, dan yang dibutuhkan saat ini yaitu fotografi desain. Hal ini menjadi peluang bagi para pebisnis dalam memanfaatkan fotografi desain untuk kegiatan beriklan khususnya bagi kelompok Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) salah satunya UMKM Lumintu di kota Semarang. Meskipun reputasinya mulai dikenal di kalangan akademisi maupun pemerintah, UMKM Ini nyatanya belum menerapkan kegiatan beriklan yang terkonsep. Hal ini tampak pada beberapa contoh hasil foto produk yang terlihat ala kadarnya karena keterbatasan alat dan kemampuan membuat desain iklan yang terbatas. Padahal, saat ini fotografi bisa diterapkan melalui smartphone  dan bisa memaanfaatkan perangkat lunak gratis salah satunya Canva. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan penulis untuk memotivasi UMKM Lumintu dalam mengimplementasikan fotografi smartphone dan aplikasi Canva dalam desain iklan produk. Penelitian menggunakan metode kualitatif, didukung pencarian data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan menrapkan teori representasi Stuart Hall dan prinsip-prinsip fotografi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode 5W1H dan dikembangkan menjadi acuan dalam perancangan iklan menggunakan metode Design thinking. Penelitian ini menghasilkan desain iklan produk UMKM Lumintu berdasarkan asset foto yang dipotret menggunakan smartphone. Penelitian ini bisa dikembangkan lebih jauh untuk lebih memaksimalkan upaya promosi, beriklan, maupun membangun merek UMKM Lumintu.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Haryadi, T., & Rahmasari, E. A. . (2023). IMPLEMENTASI FOTOGRAFI SMARTPHONE DAN APLIKASI CANVA DALAM DESAIN IKLAN PRODUK UMKM LUMINTU. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 4(01), 10–28. https://doi.org/10.59997/amarasi.v4i01.1890
Section
Artikel

References

Athiyya, K. A. A., & Hanani, R. (2022a). Penting! Cara Mendaftarkan Usaha pada ShopeeFood pada UMKM di Kelurahan Tinjomoyo oleh Mahasiswa KKN Undip Tim II 2022 – KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undip. https://kkn.undip.ac.id/?p=337439

Athiyya, K. A. A., & Hanani, R. (2022b). Pentingnya Memulai Green Marketing untuk Mendukung SDG’s pada UMKM di Kelurahan Tinjomoyo oleh Mahasiswa KKN Undip Tim II 2022 – KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undip. http://kkn.undip.ac.id/?p=337322

Harsanto, W. (2019). Fotografi Desain. PT Kanisius.

Haryadi, T., & Saputro, G. E. (2022). Adaptasi Design Thinking dalam Revitalisasi Museum Ronggowarsito berbasis Interaktif dengan Pendekatan SMCR. DeKaVe, 15(1), 20–36. https://doi.org/10.24821/dkv.v15i1.6091

Haryadi, T., Senoprabowo, A., & Sulistiyawati, P. (2021). Analisis Perubahan Trend Iklan Gojek Versi Video Animasi Dalam Sudut Pandang Media Dependency. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(01), 16–27.

Irwandi, I., & Apriyanto, M. F. (2012). Membaca Fotografi Potret: Teori, Wacana dan Praktik. Dwi Quantum.

Karyadi, B. (2017). Fotografi: Belajar Fotografi. NahlMedia.

Kopimi, G. (2022). Daftar Umkm Kota Semarang. Iumk.Semarangkota.Go.Id. https://iumk.semarangkota.go.id/v2/grid_umkm_publik/

Limanseto, H. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Siaran Pers. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

Nindhia, P., Ayu, I., Krisna, D., & Florence, H. (2021). Kontruksi Identitas Dalam Foto Prewedding Bergaya Bali 1930. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2, 231.

Octavia, A. (2018). Smartphone Photography. GagasMedia.

Putra, G. B. S. (2021). ANALISIS STRATEGI KREATIF PADA IKLAN BANK BJB VERSI “ ANTI PANIK DENGAN BJB DIGI ” TAHUN 2020 Gede Bayu Segara Putra Program Studi Desain Komunikasi Visual , Fakultas Seni Rupa dan Desain , Institut Seni Indonesia Denpasar Abstrak. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1).

Putri, V. A., Endriawan, D., & Kusumanugraha, S. (2022). Visualisasi dan Representasi Foto Produk Pakaian Anak sebagai Sarana Promosi (Studi Kasus: Studio Deracatalogue). E-Proceeding of Art & Design, 9(2), 1416–1434.

Rachman, Z. (2017). Fotografi Desain – Klifonara. Binus.Ac.Id. https://student-activity.binus.ac.id/klifonara/2017/02/fotografi-desain/

Rahmawati, D., Sariwaty, Y., Octaviani, F., & Rahmayani, R. (2020). Pemanfaatan Fotografi Melalui Smartphone Untuk Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM. Jurnal Sosial & Abdimas, 2(1), 1–8.

Ratnasari, I., Arnu, A. P., & Hannie, H. (2021). Digital Marketing pada Start Up dan UMKM: Praktik Melakukan Pemasaran berbasis Digital menuju UMKM Tangguh, Kompetitif dan Unggul di Era Revolusi Industri 4.0. Absolute Media.

Widara, K. A. (2022). BCA UMKM Fest 2022 Pacu Pertumbuhan dan Perkembangan Bisnis UMKM _ Okezone Economy. Okezone.Com. https://economy.okezone.com/read/2022/09/05/11/2661205/bca-umkm-fest-2022-pacu-pertumbuhan-dan-perkembangan-bisnis-umkm