Analisis Strategi Kreatif pada Iklan Bank Bjb Versi “ANTI PANIK DENGAN BJB DIGI” Tahun 2020
Main Article Content
Abstract
Iklan merupakan pesan yang dirancang untuk mempengaruhi khalayak untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa yang ditawarkan. Di era digital, persaingan dalam dunia pemasaran semakin ketat. Hal ini mendorong setiap perusahaan harus mampu membuat iklan yang kreatif, unik dan menarik untuk memenangkan persaingan pasar. Strategi kreatif dalam beriklan menjadi hal wajib untuk diperhatikan oleh pengiklan guna menciptakan iklan yang berbeda dengan pesaing, seperti halnya Bank BJB. Untuk memberikan informasi tentang inovasi pelayanan perusahaan, Bank BJB merancang iklan dengan menggunakan visualisasi yang berbeda dengan iklan pesaingnya. Dengan menampilkan nuasa horor yang dibalut dengan humor sebagai daya tarik, iklan Bank BJB versi “anti panik dengan bjb digi” menjadi berbeda dan mampu mendapatkan tempat dibenak khalayak. Latar belakang tersebut menjadikan penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan perencanaan strategi kreatif dan konsep kreatif yang digunakan pada iklan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan : (1) Perencanaan strategi kreatif dirancang berdasarkan tujuan iklan sebagai iklan informatif dan iklan penambah nilai, target sasarannya adalah masyarakat Indonesia dengan mobilitas tinggi untuk memudahkan dalam proses transaksi serta pemilihan media penayangannya berdasarkan trend untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas (2) Iklan menggunakan pendekatan rasional dan emosional negative dan positif khalayak sebagai daya tarik pesan.
Downloads
Article Details
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Belch, George E, Michael A. Belch. 2001. Advertising and Promotion: An. Integrated Marketing Communication Perspektive. Fourth Edition. Boston : McGraw Hill
Kertamukti, Rama. 2014. Strategi Kreatif Dalam Periklanan (Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Moriarty, Sandra, Mitchell, Nancy & William Wells. 2011. Advertising. Jakarta : Kencana
M Suyanto. 2004. Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Yogyakarta : Penerbit ANDI)
Parmono, Kartini. 2008. Horison Estetika. Yogyakarta : Badan Penerbitan Filsafat UGM
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhandang, Kustadi. 2016. Periklanan. Bandung : Penerbit Nuansa
WEBSITE
www.kpi.go.id diakses pada 20 Nopember 2020
www.wartaekonomi.co.id diakses pada 7 Desember 2020