Analisis Strategi Kreatif pada Iklan Bank Bjb Versi “ANTI PANIK DENGAN BJB DIGI” Tahun 2020

Main Article Content

Gede Bayu Segara Putra

Abstract

Iklan merupakan pesan yang dirancang untuk mempengaruhi khalayak untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa yang ditawarkan. Di era digital, persaingan dalam dunia pemasaran semakin ketat. Hal ini mendorong setiap perusahaan harus mampu membuat iklan yang kreatif, unik dan menarik untuk memenangkan persaingan pasar. Strategi kreatif dalam beriklan menjadi hal wajib untuk diperhatikan oleh pengiklan guna menciptakan iklan yang berbeda dengan pesaing, seperti halnya Bank BJB. Untuk memberikan informasi tentang inovasi pelayanan perusahaan, Bank BJB merancang iklan dengan menggunakan visualisasi yang berbeda dengan iklan pesaingnya. Dengan menampilkan nuasa horor yang dibalut dengan humor sebagai daya tarik, iklan Bank BJB versi “anti panik dengan bjb digi” menjadi berbeda dan mampu mendapatkan tempat dibenak khalayak. Latar belakang tersebut menjadikan penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan perencanaan strategi kreatif dan konsep kreatif yang digunakan pada iklan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan : (1) Perencanaan strategi kreatif dirancang berdasarkan tujuan iklan sebagai iklan informatif dan iklan penambah nilai, target sasarannya adalah masyarakat Indonesia dengan mobilitas tinggi untuk memudahkan dalam proses transaksi serta pemilihan media penayangannya berdasarkan trend untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas (2) Iklan menggunakan pendekatan rasional dan emosional negative dan positif khalayak sebagai daya tarik pesan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, G. B. S. (2021). Analisis Strategi Kreatif pada Iklan Bank Bjb Versi “ANTI PANIK DENGAN BJB DIGI” Tahun 2020. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 2(01), 9–15. https://doi.org/10.59997/amarasi.v2i01.74
Section
Artikel

References

Belch, George E, Michael A. Belch. 2001. Advertising and Promotion: An. Integrated Marketing Communication Perspektive. Fourth Edition. Boston : McGraw Hill

Kertamukti, Rama. 2014. Strategi Kreatif Dalam Periklanan (Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Moriarty, Sandra, Mitchell, Nancy & William Wells. 2011. Advertising. Jakarta : Kencana

M Suyanto. 2004. Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Yogyakarta : Penerbit ANDI)

Parmono, Kartini. 2008. Horison Estetika. Yogyakarta : Badan Penerbitan Filsafat UGM

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhandang, Kustadi. 2016. Periklanan. Bandung : Penerbit Nuansa

WEBSITE

www.kpi.go.id diakses pada 20 Nopember 2020

www.wartaekonomi.co.id diakses pada 7 Desember 2020

Most read articles by the same author(s)