TAHAP PRODUKSI ANIMASI BELAJAR MENGENAL HURUF DI HNS STUDIO BALI

Main Article Content

Anadika Radea
Cokorda Alit Artawan
I Wayan Agus Eka Cahyadi

Abstract

Perancangan animasi belajar mengenal huruf di HNS Studio Bali merupakan proyek animasi yang digunakan sebagai portofolio animasi oleh HNS Studio. Animasi ini berbentuk cerita pendek yang didalamnya akan berisi pengenalan huruf. Proses perancangan animasi ini didukung oleh data berupa data primer dan data sekunder melalui metode wawancara, observasi, kepustakaan dan dokumentasi. Dalam proses pengerjaan animasi ini, penulis menggunakan strategi kreatif berupa strategi pesan, strategi visual, gaya visual, dan positioning. Pengerjaan animasi ini melalui beberapa tahapan yaitu; pra produksi, produksi, pasca produksi. Ukuran dari animasi ini penulis menggunakan ukuran 1920x1080 pixel dengan frame rate 30fps dan total durasi 2 menit 42 detik. Manfaat pengerjaan animasi ini selain sebagai portofolio bagi HNS Studio Bali juga sebagai media edukasi bagi anak-anak dalam mengenal huruf yang dikemas melalui alur kehidupan dalam bentuk fantasi dengan konsep pahlawan bergaya kartun. Nantinya perkembangan media edukasi ini akan berkembang menjadi game interaktif yang akan terdiri dari kumpulan animasi edukasi.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Radea, A. ., Artawan, C. A. ., & Cahyadi, I. W. A. E. . (2023). TAHAP PRODUKSI ANIMASI BELAJAR MENGENAL HURUF DI HNS STUDIO BALI. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 4(01), 109–114. https://doi.org/10.59997/amarasi.v4i01.1957
Section
Artikel

References

Dhega, H. R., Tiaga, I N. A., & Wirawan, I G. N. (2022). PERANCANGAN KONSEP ANIMASI BUS E-INOBUS KTT G20 BALI. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.

Julianto, I N. L., Cahyadi, I W. A. E. (2020). “INTERAKTIVITAS ILUSTRASI PADA RUANG BELAJAR SISWA SD KELAS 1 – 3 DI BALI” AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.

Prakosa, Gatot. (2010). ANIMASI Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Jakarta. Fakultas Film dan Televisi-Institut Kesenia Jakarta.

Yasa, G. P. P. A., Narpaduhita, K. A. S., & Purwita, D. G. (2019). “PERANCANGAN FILM ANIMASI PENDEK 2D SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENANGANAN ANXIETY DISORDER”. Jurnal Bahasa Rupa

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>