PERANCANGAN ANIMASI 2D UNTUK BUMPER LOGO DI THE HIVE SANUR

Main Article Content

I Made Agung Windu Sancaya
I Wayan Swandi
Wahyu Indira

Abstract

Dalam pelaksanaan Praktik kerja/magang MBKM, Made Blez Studio menjadi tempat yang dipilih penulis sebagai mitra tempat magang. Made Blez Studio sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Desain Komunikasi Visual yang berfokus pada menyediakan jasa illustrasi. Made Blez Studio berlokasi di Jalan Kerta Raharja VIII/ 85, Sidakarya, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Selama program magang MBKM di Made Blez Studio berlangsung, penulis telah diberi tugas untuk mengerjakan berbagai project ilustrasi dan desain. Salah satu project yang dipercayakan kepada penulis dan sedang dalam proses pengerjaan adalah Perancangan Animasi 2D untuk bumper Logo di The Hive Sanur. Langkah-langkah dalam perancangan pembuatan animasi 2d untuk bumper logo The Hive Sanur ini dimulai dengan tahap penerimaan brief yang menghasilkan konsep dan moodboard melalui cara melakukan brainstorming, tahap membuat Script atau Skenario, tahap membuat storyboard, tahap membuat aset ilustrasi, tahap animation, tahap pemberian Backsound dan Sound Effect dan tahap Rendering. Animasi 2D untuk bumper Logo The hive Sanur ini akan diaplikasikan sebagai bumper video pada postingan Youtube, Instagram dan Iklan. Rumusan masalahan dari perancangan ini yaitu bagaimana tata kelola ekosistem yang diterapkan di Made Blez Studio dan bagaimana proses perancangan Animasi 2D untuk bumper logo The Hive Sanur di Made Blez Studio. Desain akhir dalam perancangan animasi 2D untuk bumper logo di The Hive Sanur ini terdapat 16 scene yang berukuran 2560 x 1440 px dengan rasio 16:9, frame rate 30 fps (frames per second) dan durasi 30 detik.  Setelah animasi telah disetujui hasilnya diaplikasikan pada mockup

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sancaya, I. M. A. W., Swandi, I. W. ., & Indira, W. (2023). PERANCANGAN ANIMASI 2D UNTUK BUMPER LOGO DI THE HIVE SANUR. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 4(01), 87–99. https://doi.org/10.59997/amarasi.v4i01.1959
Section
Artikel

References

Dharma, Rifqi. (3 Februari 2022), Bitmap: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya. https://accurate.id/teknologi/bitmap/

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Rafinur, N., Arif, S., & Pandan, P. P. (2019). Penciptaan Karya Film Animasi 2D “Miliv” Dengan Teknik Hybrid. Program Studi Animasi, ISI Yogyakarta.

Rizal, Muhammad. (2012). Pembuatan Film Animasi Dengan Metode 2D Hybrid Animation. Jurusan Sistem Informasi, STMIK AKBA, Makassar. 6-9.

Rona, G., P., & Mei, P., K. (2013). Perancangan dan Pembuatan Animasi 2D “Kerusakan Lingkungan” Dengan teknik Masking. Sistem Informasi STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Sancaya, I. M. A. W., Swandi, I. W., & Artawa, C. A. (2022). Perancangan Stock Illustration Bertema Beach Holiday Di Florto Studio. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.

Wahyu, P., & Wahyu, A. (2013). Animasi 2D. Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.

Wahyuningsih, Sri. (2015). Desain Komunikasi Visual. UTM PRESS, Bangkalan – Madura.

Yogananti, Auria Farantika. (2015). Pengaruh Psikologi Kombinasi Warna Dalam Website. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>