DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA BRANDING EMBRIO WEAR DI DESA BATUBULAN
Main Article Content
Abstract
Embrio Wear merupakan salah satu dari beberapa usaha pakaian anak yang ada di Desa Batubulan, dengan nuansa warna pastel yang merupakan ciri khasnya. Namun, sebagai salah satu usaha yang baru merintis, terdapat kendala yang dihadapi di dunia usaha. Embrio Wear belum mampu membranding produk yang diciptakannya serta kurang efektifnya media promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan produk dan memberitahu keberadaan usahanya. Oleh karena itu, penulis melakukan perancangan media branding dan media promosi yang efektif melaui desain komunikasi visual yang tepat untuk dapat membantu Embrio Wear dalam branding usahanya. Metode pengumpulan data dalam perancangan desain komunikasi visual ini adalah melalui metode kualitatif yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan untuk Metode analisis data yang di pakai adalah metode Analisis SWOT. Konsep yang digunakan dalam perancangan desain komunikasi visual sebagai sarana branding Embrio Wear ini adalah simple modern yang selalu mengikuti perkembangan jaman, dengan gaya yang simple, komunikatif, dan informatif agar mudah diterima dan menarik minat masyarakat untuk datang membeli produk Embrio Wear. Hasil dari perancangan desain komunikasi visual sebagai sarana branding Embrio Wear adalah logo, poster iklan, nametag nama, nametag pricelist, dan packaging
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Alwi, Hasan. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kertamukti, Rama. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Udayana, A.A. Gde Bagus. (2016). “Membongkar Ideologi di Balik Produksi dan Implikasi Media Promosi Pariwisata Budaya di Bali”. Disertasi. Denpasar: Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia.
Tri Oka Buana, I Nyoman (2018). Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Potensi Desa Beng di Gianyar. Disertasi Program Sarjana Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia, Denpasar.