Perancangan Buku dan Kartu Kata sebagai Media Belajar Membaca untuk Anak Usia Dini di Badung

Main Article Content

I Ketut Elnatan Wisan
Ida Bagus Ketut Trinawindu
Agus Ngurah Arya Putraka

Abstract

Mengajarkan membaca pada anak usia dini adalah faktor utama menanamkan kecerdasan kepada anak, karena jika anak sudah bisa membaca sejak dini, hal itu akan membuka wawasan anak lebih jauh lagi. Membaca merupakan kegiatan yang produktif untuk dilakukan. Namun perlu diingatkan kapada orang tua dalam melaksanakannya harus tetap memperhatikan perkembangan dari anak, sehingga tidak terdapat unsur pemaksaan. Minat membaca sangatlah penting dalam awal proses pembelajaran anak membaca. Didalam tumbuh kembang anak terdapat fase yang disebut dengan Golden Age dimana pada fase ini anak – anak mengalami ledakan pertumbuhan dalam perkembangan otak anak, sehingga pada fase ini anak akan lebih cepat mengerti apa yang ia pelajari. Pada saat anak mempelajari sesuatu sebaiknya anak tidak boleh dipaksa namun harus kehendak anak itu sendiri untuk mempelajari sesuatu. Oleh karena itu, orang tua jika ingin mengajarkan anak – anak pada fase ini dilakukan dengan cara belajar sambil bermain, sehingga menumbuhkan minat anak dalam belajar sesuatu. Dari permasalahan di atas penulis merancang media belajar membaca untuk anak berupa buku bergambar dan kartu kata dengan menggunakan konsep fun and education. Dimana pada buku ini terdapat illustrasi kartun yang menarik sehingga dapat menarik minat anak untuk melihat dan juga terdapat kartu yang digunakan untuk anak bermain mencari kata hewan yang berada pada buku.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wisan, I. K. E., Trinawindu, I. B. K., & Putraka, A. N. A. . (2021). Perancangan Buku dan Kartu Kata sebagai Media Belajar Membaca untuk Anak Usia Dini di Badung. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 2(01), 119–127. https://doi.org/10.59997/amarasi.v2i01.83
Section
Artikel

References

Dhieni, Nurbiana. (2010) Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka

Ghony dan Almanshur, Fauzan. (2016) Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Santrock, John W. (2007) Perkembangan Anak Jilid I Edisi Kesebelas. Jakarta : Erlangga.

Noor, Juliansyah. (2011) Metode Penelitian, Skripsi, Tesis, Disetasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Supardi. (2006) Metodologi Penelitian.Mataram : Yayasan Cerdas Press.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>