KAMPANYE GERAKAN AYO KE MUSEUM YADNYA MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL OLEH DINAS KEBUDAYAAN KABUPATEN BADUNG

Main Article Content

I Made Pranava Ishvara Deva
Ida Bagus Ketut Trinawindu
Alit Kumala Dewi

Abstract

Museum Yadnya adalah museum yang menyimpan ragam bentuk visual atau gambaran yang berkaitan tentang dimensi spiritual dan alur kehidupan masyarakat Hindu Bali. Museum Yadnya menyimpan aneka upacara dan upakara / perangkat yang dipakai dalam ritual-ritual keagamaan umat Hindu yang disebut dengan Panca Yadnya. Tetapi kini Museum Yadnya sepi pengunjung, tahun 2019 kunjungan mencapai 15% - 20% yang menjadikan sepinya pengunjung ke museum. Kurangnya media informasi untuk masyarakat atau ke sekolah-sekolah juga menjadi penyebab masalah tersebut dan generasi muda saat ini juga sedikit tidak tertarik dengan ragam tradisi budaya sendiri yang membuat eksistensi Museum Yadnya menjadi kalah saing dan mulai terlupakan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Data analisis menggunakan metode analisis SWOT sehingga mendapatkan konsep desain “Pengalaman Berbeda Dari Museum Yadnya” yang bersifat informatif, komunikatif dan persuasif. Media perancangan yang dianggap efektif adalah multimedia interaktif, motion graphic, billboard, poster, poster media sosial, stiker, note book, flyer, tote bag dan katalog karya. Tujuan utama kampanye ini adalah upaya menyampaikan informasi tentang keberadaan Museum Yadnya kepada masyarakat umum atau wisatawan domestik Bali yang menyasar kepada para pelajar tingkat SD sampai SMA/K. Melalui Desain Komunikasi Visual diharapkan menjadi solusi untuk tertarik serta menumbuhkan minat atau kesadaran masyarakat maupun generasi muda untuk mengunjungi Museum Yadnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ishvara Deva, I. M. P., Trinawindu, I. B. K., & Dewi, A. K. (2020). KAMPANYE GERAKAN AYO KE MUSEUM YADNYA MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL OLEH DINAS KEBUDAYAAN KABUPATEN BADUNG. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(02), 192–202. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i02.43
Section
Artikel

References

Freddy Rangkuti. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT. Graedia

Moleong, Lexy J. 2001. Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya

Pujiriyanto. 2005. Desain Grafis Computer. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Pujiyanto. 2013. Iklan Layanan Masyarakat.Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual; Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI OFFSET.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA

Sarwono, Jhonatan & Lubis, Hary. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit ANDI OFFSET.

Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Tinarbuko, S. 2015. DeKaVe Desain Komunikasi Visual Penanda Masyarakat Global. Jakarta : CAPS

Internet:

Indrawan, C.A. 2013. Perancangan Kampanye Sosial Tentang Penggunaan Lajur Bersepeda Di Kota Surabaya. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/551/483. Diakses pada 22 April 2020

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2019. Museum. https://kbbi.web.id/museum. Diakses pada 13 April 2020

Republik Indonesia. 2010. Undang-undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. Lembaga Negara RI Tahun 2010 No. 130. Jakarta. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/UU_Tahun2010_Nomor11.pdf. Diakses pada 22 April 2020

Wikipedia. 2019. Museum Yadnya. https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Yadnya. Diakses pada 10 April 2020

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>