PERANCANGAN MEDIA PROMOSI GUMINEPONIK DENPASAR MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Main Article Content
Abstract
Hidroponik adalah suatu budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa memakai tanah dan menekankan penumbuhan kebutuhan nutrisi untuk tanaman. Salah satu peluang usaha yang dapat dikembangkan melalui budidaya hidroponik ini adalah produk olahan dari hasil panen budidaya hidroponik. Gumineponik merupakan salah satu perusahaan yang memasarkan hasil panen dari budidaya hidroponik sampai dengan produk hasil olahannya. Gumineponik adalah perusahaan rumahan yang didirikan oleh I Nyoman Tantra Pradnyana yang sudah dirintis sejak tahun 2018. Adapun produk yang ditawarkan oleh Gumineponik antara lain starter kit hidroponik (perlengkapan hidroponik untuk pemula) beserta panduannya, dan produk olahan berupa jus buah dan susu campuran yang ditambahkan hasil panen dari budidaya hidroponik. Minimnya media promosi yang dimiliki oleh Gumineponik menyebabkan konsumen dari Gumineponik terbatas sehingga menyebabkan penjualan yang stuck dan tidak dapat memenuhi target yang sudah ditentukan. Berdasarkan hal tersebut penulis mengangkat Gumineponik, agar lebih dikenal masyarakat luas dengan merancang media promosi melalui Desain Komunikasi Visual. Media promosi merupakan hal yang penting, karena promosi yang menarik dapat memikat para konsumen untuk membeli sebuah produk di pasaran. Selain itu dengan dapat menarik konsumen diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dari Gumineponik sehingga dapat memenuhi target yang sudah ditentukan. Dalam artikel ini metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode kepustakaan, dan metode dokumentasi. Adapun media yang terpilih dalam mempromosikan Gumineponik adalah sebagai berikut: Video Marketing Gumineponik, Infografis, Stationery Kit, X-Banner, T-Shirt, dan Tote Bag.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Moriarty, Sandra., Nitchel, Nancy., & Wells, William, (2009), Advertising Edisi Kedelapan, Jakarta: Prenamedia Group.
Pujiriyanto. (2005), Desain Grafis Komputer (Teori Desain Grafis Komputer), Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, (2008), Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat. Jakarta: Pusat Bahasa.
Sitorus, Onny Fitriana dan Utami, Novelia, (2017), Strategi Promosi Pemasaran, Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Sopiah dan Syihabudhin, (2008), Manajemen Bisnis Ritel, Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tinarbuko, Sumbo, (2009), Semiotika Komunikasi Visual, Yogyakarta: Jalasutra