DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI SALON ITA LIE DI DENPASAR
Main Article Content
Abstract
Salon adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa kecantikan yang berhubungan dengan perawatan kecantikan untuk wanita. Salon merupakan salah satu solusi apabila hendak merawat tubuh. Di Denpasar terdapat sebuah salon, bernama Salon Ita Lie. Salon Ita Lie merupakan sebuah salon kecantikan yang beralamat di Jl. Kebo Iwa Utara 3 No.65, Padangsambian Kaja, Denpasar Barat. Salon ini berdiri sejak tahun 2019 yang didirikan oleh Ibu Ita Windari. Salon Ita Lie melayani beberapa macam perawatan mulai dari perawatan rambut, perawatan wajah, sampai perawatan tubuh. Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Ita Windari selaku pemilik dari Salon Ita Lie, masih terdapat kendala seperti minimya media penunjang informasi dan promosi, dan media promosi yang dibuat hanya sekedarnya. Dengan potensi yang dimiliki dan kurangnya media promosi yang ada untuk mempromosikan salon ini, maka penulis tertarik untuk mengangkat judul “Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi dan Pendukung Salon Ita Lie Di Denpasar” sebagai Skripsi Karya Tugas Akhir. Perancangan ini bertujuan untuk menentukan media komunikasi visual yang efektif dan komunikatif sebagai sarana promosi agar Salon Ita Lie bisa lebih dikenal oleh masyarakat Denpasar dan diharapkan nantinya semakin banyak masyarakat yang menggunakan jasa dari Salon Ita Lie. Dari hasil analisis data SWOT menghasilkan 10 media promosi yang efektif dan komunikatif, antara lain: Papan Nama, T-Shirt, Nota, Instagram Feeds, Papan Penunjuk Arah, Flyer, Kartu Nama, Banner, Pouch Kosmetik, Roll Up Banner dan Katalog Karya.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Amstrong, dan Kothler. Dasar - Dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Gramedia. 2003.
Hendratman, Hendi. Computer Graphic Design. Bandung: Informatika. 2017.
Kusrianto. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV Andi Offset. 2009.
Tinarbuko, Sumbo. Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service). 2015.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Jakarta: Andi Offset. 2005.