Perancangan Buku Cerita Bergambar Legenda Desa Bungkulan
Main Article Content
Abstract
Cerita bergambar merupakan media yang tepat sebagai salah satu media dalam upaya melestarikan cerita rakyat. Konsep yang diusung yaitu konsep Vintage atau Klasik, agar kesan Bali Kuno pada cerita bergambar tersebut dapat dirasakan atau tersampaikan dengan baik kepada audiences seakan-akan buku cerita bergambar tersebut dibuat pada zaman dahulu. Cerita Legenda Desa Bungkulan menceritakan tentang keberadaan I Gusti Ngurah Tambahan sebagai seorang Ksatria yang mengalahkan seorang Denawa atau raksasa perempuan sehingga dapat membentuk suatu wilayah yang kini dinamakan Desa Bungkulan. Adapun tokoh yang terdapat dalam buku cerita bergambar Legenda Desa Bungkulan yaitu: I Gusti Ngurah Tambahan, Pasek Menyali, Pasek Bulian, Menaru, dan penari Rejang. Metode perancangan melalui observasi, wawancara, dan kepustakaan. Perancangan buku cerita bergambar Legenda Desa Bungkulan menggunakan pendekatan visual ilustrasi tradisi Bali dengan semi realis. Pada teknik ilustrasi tradisi Bali diterapkan pada bagian patra atau ukiran Bali khususnya style Buleleng. Sedangkan pada teknik Semi Realis akan diterapkan pada ilustrasi untuk memberikan kesan bentuk dan volume benda yang hampir menyerupai bentuk aslinya. Sehingga akan menciptakan konsep baru dengan cara menggabungkan kedua teknik tersebut. Selain merancang buku cerita bergambar dengan judul “Legenda Desa Bungkulan”, penulis juga merancang media pendukung diantaranya T-Shirt, X-Banner, akun instagram, poster dan juga totebag. Namun media tersebut tidak hanya mempromosikan dari media utama yang berupa cergam tersebut, tetapi juga menginformasikan tentang 1sinopsis cerita cerita bergambar Legenda Desa Bungkulan.
Downloads
Article Details
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Kusrianto, Adi. 2004. Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta: Andi.
Anitah, Sri., (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Bahri. 2008. Konsep dan Definisi Konseptual. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sarwono, Jhonatan & Lubis, Hary. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Darmawan, D. 2012. “Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V. ANDI OFFSET.
Pastika, Made. 2010. Tinjauan Sejarah Seni Lukis Gaya Pita Maha. Denpasar: Institut Seni Indonesia Denpasar.
Mawati dan Bakhtaruddin Nst. 2013. Pemanfaatan Online Public Access Catalog (OPAC) Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Sumatera: Universitas Negeri Padang.
Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nafisah Syifaun. 2003. Grafika Komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu
Raharja, dkk. 2009. Buku Ajar Metode Penelitian Desain. Bali: ISI Denpasar.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.
Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Sachari, Agus. 2005. Metodologi Penelitian budaya rupa. Jakarta: Erlangga.
Santoso, Singgih, dan Fandy Tjiptono. 2002. Riset Pemasaran : Konsep dan Aplikasinya dengan SPSS, Jakarta : PT Elex Media Computindo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Supriyono, Rachmat. 2010. Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.
Salamoon, Daniel Kurniawan. 2013. Instagram, Ketika Foto Menjadi Mediator Komunikasi Lintas Budaya di Dunia Maya. Surabaya: Universitas Airlangga.
Trisdyani. 2015. Buku Cerita Bergambar Terbitan Kelompok Pecinta Bacaan Anak (KPBA).
Sumber Internet:
http://catatansenibudaya.blogspot.com diakses pada 2 Oktober 2020
https://khurrotulaini1.wordpress.com diakses pada 20 Oktober 2020
http://kelompokvintage.blogspot.com diakses pada 09 Oktber 2020
http://img.snakeheadfish-anatomy.com diakses pada 5 Oktober 2020
http://warnatio094.blogspot.co.id/ diakses pada 5 Oktober 2020
http://www.sniperdigital.com diakses pada 30 April 2019
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_ diakses pada30 Oktober 2020
https://artesti.wordpress.com, diakses pada 10 November 2020
http://filsafathindu.com/peranda-di-bali.html diakses pada 5 Agustus 2020
https://id.wikipedia.org/wiki/Cergam, diakses pada 14 November 2020
https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram momotografi.blogspot.com 09 Desember 2020
http://www.sniperdigital.com diakses pada 09 November 2020
http://www.sakutas.com/2016/11/apa-itu- tote-bag.html diakses pada 02 Desember 2020
http://mjeducation.com/tak-kenal-maka-tak- sayang-sejarah-perjalanan-komik- indonesia-dari-waktu-ke-waktu/ diakses pada 02 Oktober 2020
http://www.isi-dps.ac.id/artikel/fungsi-seni- lukis-bali-modern-anak-agung-gede- sobrat/ diakses pada 09 November 2020