Perancangan Buku Cerita Bergambar Kurma Awatara Sebagai Media Edukasi Untuk Anak SMP di Denpasar

Main Article Content

A.A. Gede Alit Citra Bayu
Eldiana Tri Narulita
Agus Ngurah Arya Putraka

Abstract

Terjadinya fenomena alam gempa bumi mengingatkan kita akan kisah Kurma Awatara dimana dalam kepercayaan umat Hindu, Kurma awatara disimbolkan sebagai inti bumi. Bilamana ia bergerak maka bumi akan bergetar. Berdasarkan hal tersebut, perancangan media buku cerita bergambar sangat diperlukan sebagai sarana edukasi yang dapat memperkenalkan kisah Kurma Awatara. Metode dikumpulkan melalui wawancara, obervasi, kajian dokumen, analisis foto, dan secara online. Metode tersebut dianalisis dengan teori analisis deskriptif kualitatif. Konsep perancangan yaitu tradisi. Media yang efektif dan inovatif dalam memperkenalkan buku cerita bergambar Kurma Awatara, yaitu tote bag, motion graphic, akun instagram, roll banner, dan katalog karya tugas akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bayu, A. G. A. C., Narulita, E. T., & Putraka, A. N. A. (2020). Perancangan Buku Cerita Bergambar Kurma Awatara Sebagai Media Edukasi Untuk Anak SMP di Denpasar. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(01), 22–29. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i01.26
Section
Artikel

References

Hadi, Sutrisno, 1987. Metodologi Reseach. Jakarta : Rineka Cipta

Kartono, Kartini. 1980. ”Pengantar Metodologi Riset Sosial”.Bandung: Alumni Bandung.

Moh. Nazir. (1998).”Metode Penelitian”.Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2001 .”Metodologi Penelitian Kualitatif". Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2004. ”Metode dan Teknik Menyusun Tesis”. Cetakan Pertama. Bandung : Alfabeta.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. “Metodologi Penelitian”. Yogyakarta: ANDI.

Sarwono, Jonathan. & Harry Lubis. (2007). “Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual”. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Sudjana, Nana, dan Rifai, Ahmad. 2002. “Media Pengajaran". Bandung: Sinarbaru.

Sugiyono. 2011. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Afabeta.

Umar, Husein.2003. “Metodologi Penelitian:Aplikasi dalam Pemasaran”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Most read articles by the same author(s)