PERANCANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEMPROMOSI KOPI BUBUK BALI CAP MUTIARA DESA BATUNGSEL, KECAMATAN PUPUAN, KABUPATEN TABANAN
Main Article Content
Abstract
Kopi Bubuk Bali Cap Mutiara adalah kopi bubuk asli Pupuan yang diproduksi oleh UD. Mutiara yang memproduksi bubuk kopi sejak tahun 1976 ,dimana produk kopi bubuk ini masih tetap eksis di pasaran, tidak seperti produk pesaing lainnya yang hanya diproduksi bila ada pesanan dan bahkan ada yang tidak diproduksi lagi. Pada saat ini, media promosi yang dimiliki dan yang masih digunakan yaitu akun Facebook dari Kopi Bubuk Bali Cap Mutiara. Dalam melakukan promosi, perlu diperhatikan pemilihan media yang tepat. Penggunaan media promosi yang sesuai, diharapkan mampu mengefektifkan kegiatan promosi dan berhasil dalam mempersuasi konsumen dikarenakan Dukung identitas maupun merek, belumlah cukup bagi Kopi Bubuk Bali Cap Mutiara. Metode analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah metode S.W.O.T, Langkah-langkah dalam menganalisa mulai dari mengkaji hal/gagasan yang akan dinilai dengan memilah dan menginventarisasi sebanyak mungkin yaitu strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), threats (ancaman) dari keempat point tersebut bisa dibandingkan dengan produk yang serupa. Dapat ditarik kesimpulannya dengan membandingkan produk dari Fresh Coffee Alternative dengan produk pesaing sehingga dapat membantu dalam mengkonsep media promosi produk tersebut. Berdasarkan proses yang telah dilakukan mulai dari wawancara dengan pemilik Kopi Bubuk Bali Cap Mutiara yaitu I Nyoman Widada, dan hasil dari pengolahan data mengenai kasus perancangan media promosi produk Kopi Bubuk Bali Cap Mutiara maka Kopi Bubuk Bali Cap Mutiara memerlukan media promosi produk yang efektif,dan informatif melalui konsep dan materi Desain Komunikasi Visual.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Aulia, L. C., Wirasari, I., & Nurbani, S. (2020). Perancangan Kampanye Mengurangi Limbah Kain Berbahan Denim Di Kota Bandung. eProceedings of Art & Design, 7(2).
Everlin, S., & Andersen, R. (2017). KAJIAN VISUAL DESAIN TENTANG JEANS DALAM BENTUK BUKU.
Rupa Rupa, 4(2).
Heryanto, I. (2016). Analisis pengaruh
produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80-101.
I Ketut, B. (2011). Prinsip Desain Komunikasi Visual Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Kampanye Imunisasi Campak Di Denpasar Bali. Artikel Bulan April (2011).
Suyanto,M. 2004. Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan. Y ogyakarta: Andi
Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : CV Andi Offset (Penerbit Andi).
Sarwono, Jonathan dan Harry Lubis. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : C.V Andi Offset (Penerbit Andi).
Subagyo, P Joko. 2011. Metode Penelitian Dalam Teori & Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.