Desain Komunikasi Visual sebagai Media Promosi dan Pendukung Produk Helm Prima Metalflake Custom di Gianyar
Main Article Content
Abstract
Helm adalah alat perlindungan yang dikenakan di kepala dan biasanya terbuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevral, serat resin, atau plastik. Di daerah Gianyar tepatnya Jalan Durian Nomor 2, Banjar Telabah, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Terdapat industri pembuatan helm yang bernama Prima Metalflake Custom, industri ini berdiri sejak tahun 2013. Prima Metalflake Custom menyediakan jasa pembuatan helm custom, restorasi helm yang meliputi: penggantian spon helm, kulit helm dan pengecatan helm. Prima Metalflake Custom juga melayani jasa pengecatan body motor, mesin motor, sparepart motor, sepeda, velg, poles mesin maupun tromol dan sandblasting mesin. Prima Metalflake Custom memiliki kelebihan dan ciri khas pada produknya seperti kualitas bahan yang digunakan, bentuk helm, dan tehnik pewarnaan yang memiliki karakteristiknya tersendiri. Berdasarkan hasil wawancara dengan I Wayan Pradana Putra selaku pemilik dari industri helm Prima Metalflake Custom, masih terdapat kendala seperti minimnya media penunjang informasi dan promosi, dan media promosi yang dibuat hanya sekedarnya. Dengan potensi yang dimiliki dan kurangnya media promosi yang ada untuk mempromosikan industri ini, maka penulis tertarik untuk mengangkat judul “Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi dan Pendukung Produk Helm Prima Metalflake Custom Di Gianyar” sebagai Skripsi Karya Tugas Akhir. Perancangan ini bertujuan untuk menentukan media komunikasi visual yang efektif dan komunikatif sebagai sarana promosi agar industri helm Prima Metalflake Custom semakin dikenal oleh masyarakat Gianyar dan diharapkan nantinya semakin banyak masyarakat yang menggunakan jasa dari Prima Metalflake Custom. Dari hasil analisis data SWOT menghasilkan 10 media promosi yang efektif dan komunikatif, antara lain: Papan Nama, Video Promosi, Poster Online, Instagram Feeds, T-Shirt, Sticker, Gatungan Kunci, Dust Bag, Kardus Helm dan Katalog Karya.
Downloads
Article Details
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Ardhi, Y. 2013. Merancang Media Promosi Unik dan Menarik. Yogyakarta: TAKA Publisher.
Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anggarasena, Bima. 2010. Strategi Penegakan Hukum Dalam Rangka Meningkatkan Keselamatan Lalu Lintas Dan Mewujudkan Masyarakat Patuh Hukum. Semarang:Undip.
Cangara, Hafied H. 2006.Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.
Dalman. 2013. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Darmaprawira, Sulasmi. 2002.Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaannya. Bandung:ITB.
Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Kusrianto. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.
Negara. 2009. Managemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nugroho. 2008. Teori Kebijakan- Analisis Kebijakan-Proses. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Poerwadarminta. 1985.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Pujirianto. 2005. Desain Grafis Komputer. Yogyakarta: Andi.
Rustan.2014. Layout Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sarwono, Jhonatan & Lubis, Hary. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Santosa, Sigit. 2002. Advertising Guide Book. Jakarta : PT.Gramedia pustaka utama
Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta:Dimensi Press.
Supriyono, Rachmat. 2010. Desain Komunikasi Visual.Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Syam B, Nayan A, Penyelidikan Perilaku Mekanik Helm Industri Akibat Beban Impak Kecepatan Tinggi, Prosiding Seminar Material dan Struktur (MASTRUCT), Medan, Januari, 2004.
Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2005. Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta:CV. Arti Bumi Intaran.
Sumber Internet:
Anonim. 22 Juni 2020. Pengertian Custom. Retrieve From URL:http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-custom/
https://www.scribd.com/document/374466037/Makalah-Tidak-Memakai-Helm http://www.kamusbesar.com/13961/helm