PERANCANGAN DESAIN MASKOT FESTIVAL UBUD CAMPUHAN BUDAYA DI YAYASAN JANAHITA MANDALA UBUD

Main Article Content

Surya Kresna Dharma Yoga
Cokorda Gde Raka Swendra
Ni Ketut Pande Sarjani

Abstract

 Dalam melaksanakan program MBKM Studi/projek independen penulis memilih Yayasan Janahita Mandala Ubud sebagai mitra tempat Studi/projek independen. Yayasan Janahita Mandala Ubud adalah organisasi nirlaba (non-profit organizations) yang didirikan guna melestarikan, memajukan serta menguatkan kembali nilai-nilai kearifan lokal yang bernafaskan kebudayaan Bali. Yayasan Janahita Mandala Ubud yang berlokasi di Museum Puri Lukisan Ubud akan menyelenggarakan sebuah event bernama “Ubud Campuhan Budaya” pada bulan November 2022. Mahasiswa diberikan proyek merancang desain maskot untuk event Festival Ubud Campuhan Budaya yang berperan penting sebagai media promosi event tersebut dan agar citra acara yang dibuat oleh yayasan lebih mudah diterima oleh audiens. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode pengumpulan data primer dan sekunder dengan cara melakukan wawancara, observasi, kepustakaan, dokumentasi dan partisipan yang dilakukan selama proses Studi/projek independen berlangsung. Desain maskot bersumber dari visi Festival Ubud Campuhan Budaya yaitu Tattaka Wisudha Citha (Telaga Benih Reka Budaya) yang dimana telaga sebagai tempat atau wadah dalam terlahirnya benih – benih pemikiran seni dan budaya yang nantinya dimplementasikan dalam kehidupan. Tahap pembuatan desain maskot dari sketsa kasar, outline, pewarnaan dan kemudian terakhir tahap mockup, dimana hal ini sangat penting untuk memberikan bayangan hasil akhir dari penciptaan karya. Desain maskot yang sudah masuk tahap finishing akan digunakan dalam promosi traditional marketing maupun digital marketing untuk event Festival Ubud Campuhan Budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yoga, S. K. D. ., Swendra, C. G. R. ., & Sarjani, N. K. P. . (2023). PERANCANGAN DESAIN MASKOT FESTIVAL UBUD CAMPUHAN BUDAYA DI YAYASAN JANAHITA MANDALA UBUD. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 4(01), 115–122. https://doi.org/10.59997/amarasi.v4i01.1952
Section
Artikel

References

Dinata, I. K. R. S., Swendra, C. G. R., & Sarjani, N. K. P. (2022). PENCIPTAAN KARYA MENGGUNAKAN ILUSTRASI DENGAN KONSEP ANALOGI. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.

Sancaya, I. M. A. W., Swandi, I. W., & Artawan, C. A. (2022). PERANCANGAN STOCK ILLUSTRATION BERTEMA BEACH HOLIDAY DI FLORTO STUDIO. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.

Pasaka, J. T., Julianto, I. N. L., & Artha, I. G. A. I. B. (2022). PERANCANGAN STORYBOOK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK BERBENTUK GAME EDUKASI. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.

Bhargawa, I. N. B., Udayana, A. A. G. B., & Artawan, C. A. (2022). PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL UNTUK BRAND TETUEK SANGMONG DI DENPASAR. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.

Salmaa. (2021). TEKNIK PENGUMPULAN DATA: PENGERTIAN, JENIS, DAN CONTOH. Yogyakarta. Deeplubis.

Sari, Ni Luh Desi In Diana. (2010). WARNA. repo.isi- dps.ac.id.

Most read articles by the same author(s)