Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Pembelajaran Motorik Anak Usia Dini di Dalam Keluarga
Main Article Content
Abstract
Perkembangan motorik merupakan proses pertumbuhan kemampuan gerak seorang anak melalui kegiatan saraf dan otot yang terkoordinasi. Fenomena yang terjadi sekarang masih banyak orang tua yang belum mengetahui bahwa melakukan pendidikan anak usia dini di dalam rumah juga bisa dilakukan. Terlebih lagi, sekarang orang tua lebih cenderung membiarkan anak menghabiskan waktu bermainnya dengan aktivitas seperti bermain video game, menonton televisi, dan berinteraksi dengan handphone atau komputer. Berdasarkan hal tersebut di butuhkan peran desain komunikasi visual untuk membantu peran orang tua sebagai pelaku utama pembelajaran motorik anak usia dini di dalam keluarga. Dengan tujuan untuk mengetahui media yang efektif sebagai sarana pembelajaran motorik anak usia dini di dalam keluarga. Metode dikumpulkan melalui wawancara, obervasi, kepustakaan dan dokumentasi. Metode tersebut dianalisis dengan teori 5W + 1H. Konsep perancangan yang digunakan adalah fun edukatif. Media yang efektif dan inovatif dalam hal ini yaitu, lacing board beserta kemasannya, balok puzzle beserta kemasannya, buku pembelajaran, tote bag, x-banner, pin button, poster digital dan katalog karya tugas akhir.
Downloads
Article Details
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Kaelan M.S. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta : Paradigma.
Pujiriyanto,2005. Desain Grafis Komputer. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suyadi, 2010. Psikologi Belajar PAUD, Yogyakarta : PEDAGOGIA.