Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Pembelajaran Motorik Anak Usia Dini di Dalam Keluarga

Main Article Content

Ayu Firdaamalia Pratiwi
Ni Ketut Rini Astuti
Ni Ketut Pande Sarjani

Abstract

Perkembangan motorik merupakan proses pertumbuhan kemampuan gerak seorang anak melalui kegiatan saraf dan otot yang terkoordinasi. Fenomena yang terjadi sekarang masih banyak orang tua yang belum mengetahui bahwa melakukan pendidikan anak usia dini di dalam rumah juga bisa dilakukan. Terlebih lagi, sekarang orang tua lebih cenderung membiarkan anak menghabiskan waktu bermainnya dengan aktivitas seperti bermain video game, menonton televisi, dan berinteraksi dengan handphone atau komputer. Berdasarkan hal tersebut di butuhkan peran desain komunikasi visual untuk membantu peran orang tua sebagai pelaku utama pembelajaran motorik anak usia dini di dalam keluarga. Dengan tujuan untuk mengetahui media yang efektif sebagai sarana pembelajaran motorik anak usia dini di dalam keluarga. Metode dikumpulkan melalui wawancara, obervasi, kepustakaan dan dokumentasi. Metode tersebut dianalisis dengan teori 5W + 1H. Konsep perancangan yang digunakan adalah fun edukatif. Media yang efektif dan inovatif dalam hal ini yaitu, lacing board beserta kemasannya, balok puzzle beserta kemasannya, buku pembelajaran, tote bag, x-banner, pin button, poster digital dan katalog karya tugas akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pratiwi, A. F., Astuti, N. K. R., & Sarjani, N. K. P. (2020). Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Pembelajaran Motorik Anak Usia Dini di Dalam Keluarga. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(01), 59–66. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i01.30
Section
Artikel

References

Kaelan M.S. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta : Paradigma.

Pujiriyanto,2005. Desain Grafis Komputer. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suyadi, 2010. Psikologi Belajar PAUD, Yogyakarta : PEDAGOGIA.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>