TOPENG TRADISIONAL BALI UNTUK ILUSTRASI MERCHANDISE HNS INVASION

Main Article Content

Dwi Laksma Seviana Rosa
Ida Bagus Ketut Trinawindu
Cokorda Alit Artawan

Abstract

Hope Never Sleep (HNS) Studio merupakan salah satu studio desain kreatif yang menjalankan roda usaha di bidang ilustrasi, desain grafis, dan animasi. HNS Studio memiliki cabang perusahaan yang secara khusus menangani produk merchandise bernama HNS Invasion. Dalam upaya pendekatan diri kepada masyarakat, HNS Studio memproduksi merchandise yang diolah secara kreatif dan inovatif. Topeng Bali menjadi salah satu inspirasi dalam produk merchandise-nya. Mengangkat Topeng Panca dan Rangda, perancangan ini dirasa mampu memberikan kesadaran pada masyarakat terhadap keberadaan topeng tradisional Bali. Dari penelitian yang dilakukan nyatanya topeng tradisional Bali sudah mengalami perkembangan sejak lama, misalnya topeng tradisional yang telah menjadi salah satu cendera mata yang disukai, tetapi wujudnya masih terbatas pada bentuk monoton berupa topeng kayu yang kebanyakan hanya bisa menjadi pajangan. Perancangan ini sendiri bertujuan untuk mengetahui proses perancangan ilustrasi topeng tradisional Bali yang akan diaplikasikan pada merchandise HNS Invasion serta menghadirkan wujud baru topeng tradisional sebagai cendera mata yang dapat dipakai dalam kehidupan. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data primer yang didapat langsung dari bimbingan dan pengarahan dari mitra magang, serta data skunder yang diperoleh dari berbagai sumber terpercaya. Data hasil observasi kemudian dijadikan sumber ide dan referensi dalam perancangan ilustrasi bertema topeng tradisional Bali untuk produk merchandise HNS Invasion berupa T-shirt, packaging, dan sticker, yang diharapkan mampu menarik perhatian audiens serta dapat membantu melestarikan budaya lokal.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rosa, D. L. S. ., Trinawindu, I. B. K. ., & Artawan, C. A. . (2023). TOPENG TRADISIONAL BALI UNTUK ILUSTRASI MERCHANDISE HNS INVASION. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 4(01), 76–86. https://doi.org/10.59997/amarasi.v4i01.1950
Section
Artikel

References

Arifin dan Kusrianto. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Bandem, I Made. 2017. Kekuatan Di Balik Topeng Singapadu. SINGAPADU THE POWER BEHIND THE MASK, 2-17.

Dibia, I Wayan. 2017. Topeng dan Penggunaan Di Masyarakat. SINGAPADU THE POWER BEHIND THE MASK, 62-68.

Irawan, Adhitya Candra. 2020. Ilustrasi Dalam Komik Humor Satir GYMBJ Karya Kharisma Jati. Senakreas Vol 2, 45-56.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara. 143. 32-49.

Ma’ruf, Henri. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sancaya, I.M.W., Swandi, I.W., & Artawan C.A.

Perancangan Stock Ilustrasi Bertema Beach Holiday Di Florto Studio. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 3(2), 123-131.

Suardana, I Wayan. 2008. Struktur Rupa Topeng Klasik Bali. IMAJI, 4(1), 80-94.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wirawan, Indra Komang. 2021. Teo-Estetika- Filosofis Topeng Sidakarya Dalam praktik Keberaga man Hindu di Bali. MUDRA JURNAL SENI BUDAYA, 36(2), 230-236.

Witabora, J 2012. Peran Perkembangan Ilustrasi. Hunaniora. 3(2) pp. 661.

Yuda Putra, I.G.N.A., Artawan, C.A., & Cahyadi,

I.W.A.E. 2020. Perancangan Komik Webtoon Topeng Tugek Di Desa Carangsari, Petang, Badung, Bali. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(2), 118-133.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>