PERANCANGAN KOMIK WEBTOON TOPENG TUGEK DI DESA CARANGSARI, PETANG, BADUNG, BALI

Main Article Content

I Gusti Ngurah Agung Yuda Putra
Cokorda Alit Artawan
I Wayan Agus Eka Cahyadi

Abstract

Topeng pada umumnya diketahui oleh generasi jaman sekarang berkisar pada Topeng Tua, Topeng Keras, Topeng Sidakarya, Barong dan Rangda, Topeng Jauk dan Telek, atau Topeng Bondres, karena itulah yang masih sering dipentaskan di Pura, atau di rumah berkaitan dengan pelaksanaan upacara Panca Yadnya. Khususnya dalam Topeng Bondres mendapatkan tempat tersendiri bagi masyarakat Bali. Topeng Tugek Carangsari merupakan seni pertunjukan topeng bondres yang lebih mengutamakan penampilan tokoh-tokoh lucu untuk menyajikan humor-humor yang segar namun tetap mengandung pesan-pesan yang mendidik. Topeng Tugek Carangsari ditarikan oleh I Gusti Ngurah Windia yang sangat piawai dalam memainkan banyak peran dan karakter. Topeng Tugek Carangsari mulai populer pada tahun 1970-an bahkan pentas hampir disetiap malam. Untuk menceritakan kisahnya, perlu dibuatkan cerita berupa komik Webtoon. Komik Webtoon adalah cerita dalam bentuk gambar dan tulisan yang diunggah ke dalam platform LINE Webtoon. Melalui teori Desain Komunikasi Visual akan membantu proses perancangan komik Webtoon ini. Dengan metode penelitian, data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi di Sanggar Tugek yang bertempat di Desa Carangsari, Petang, Badung disesuaikan kembali dengan strategi kreatif. Kemudian diolah melalui analisis deskriptif kualitatif sehingga diperoleh konsep dasar desain. “Kultural Edukatif” merupakan konsep dasar yang digunakan pada proses desain komik Webtoon Topeng Tugek Carangsari. Konsep tersebut sesuai dengan tujuan yaitu bersifat mendidik karena bertujuan memberi informasi untuk memandu dan memberikan tuntunan kepada pembaca mengenai kebudayaan. Selain komik Webtoon sebagai media utama, telah ditentukan media pendukung yang tepat dan sesuai yaitu iklan media sosial, photobooth, t-shirt, filter Instagram story, stiker, dan katalog karya tugas akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuda Putra, I. G. N. A., Artawan, C. A., & Cahyadi, I. W. A. E. (2020). PERANCANGAN KOMIK WEBTOON TOPENG TUGEK DI DESA CARANGSARI, PETANG, BADUNG, BALI. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(02), 118–133. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i02.38
Section
Artikel

References

Abdullah, T 1994. Pemuda dan Perubahan Sosial. Jakarta: PT Pustaka LP3ES.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.

Mansyur, Ahmad. 2008. Metode Penelitian dan Teknik Penulisan Laporan Karya Ilmiah. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Santhosa, Eka. 2019. The Secret Message of Dalem Sidhakarya Ancient BaLINEse Meditation Method. Denpasar, Bali: PT Japa Widya Duta.

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Jurnal:

Ardhanariswari, K.A. dan Hendariningrum, Retno. 2014. Desain Layout Dalam Iklan Cetak (Analisis Deskriptif pada Iklan di Majalah Kartini). Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 13. Nomor 3. Halaman 259-266.

Skripsi:

Adison, Tomi. 2013. Perancangan Komik Fiksi Gatotkaca Sang Ksatria Pewaris. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang.

Amanda, Novia, Heru Dwi Waluyanto, Aznar Zacky.

Antara, I G.N.A.Darma. 2013. Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Pelestarian Kesenian Topeng Tradisi Kalangan Remaja Singapadu, Sukawati, Gianyar. Skripsi. Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar.

Prasetyo, Arthur J. 2017. Perancangan Komik Sebagai Media Belajar Bahasa Mandarin Dasar. Skripsi. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro.

Setiasih, N.W. 2013. Perancangan Media Buku dan Media Pendukungnya dalam Kampanye Pelestarian Tari Topeng Panca di Gianyar. Skripsi. Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar.

Wardana, I G.P.Adi. 2019. Perancangan Buku Cerita Bergambar Awal Mula Upacara Mreteka Merana di Tabanan. Skripsi. Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar.

Internet:

Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung. 2018. Dibalik Karismanya Tugek (Film Dokumenter Tugek). Video Youtube. URL: https://youtu.be/un5aoJL3AoQ. Diakses tanggal 25 Oktober 2019.

Nada Gita. 2009. Topeng Prembon. URL: http://nadagita.blogspot.com/2009/03/topeng-prembon.html. Diakses tanggal 7 November 2019.

Sukarna, Midha. 2019. Mebaosan Taksu Maestro Topeng Tugek Carangsari. Video Youtube. URL: https://youtu.be/sZtAY70nHQQ. Diakses tanggal 4 Oktober 2019.

Prasetya, Eka. 2016. Topeng Tugek Carangsari – Memainkan Topeng Mengolah Karakter. URL: http://www.tatkala.co/2016/08/25/topeng-tugek-carangsari-memainkan-topeng-mengolah-karakter/. Diakses tanggal 20 Oktober 2019.

Program BaliTV. 2016. Taksu Regenerasi Topeng Tu Gek. Video Youtube. URL: https://youtu.be/QjfOF7napSY. Diakses tang 17 September 2019.

Swaha Bali Media. 2012. Pagelaran Topeng Tugek Carang Sari Part 1-4. Video Youtube. URL: https://youtu.be/R1xkdfMFV7l. Diakses tanggal 25 Oktober 2019.

Veronica, Ivo. 2017. Materi Teks Narasi: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Narasi. URL: http://www.antotunggal.com/2017/01/pengertian-teks-narasi-ciri-ciri-jenis.html#. Diakses tanggal 25 Oktober 2019.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>