PERANCANGAN WEBTOON TARU PULE SEBAGAI SARANA EDUKASI PENTINGNYA MENJAGA KELESTARIAN ALAM DI BALI
Main Article Content
Abstract
Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengedukasi pentingnya menjaga kelestarian alam khususnya yang berada di daerah Bali. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena menurunnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan hidup yang mempengaruhi kelestarian alam. Rusaknya kelestarian alam ini diakibatkan dari perbuatan manusia seperti contohnya penebangan pohon secara liar, pembuangan sampah atau limbah yang tidak pada tempatnya. Meskipun pemerintah telah berupaya membuat kebijakan baik berupa undang – undang ataupun media lainnya sebagai upaya pelestarian alam, ternyata belum mempu megatasi tindakan manusia yang tidak bertanggung jawab merusak kelestarian alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan membantu instansi pemerintah dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup. Proses edukasi pada saat ini merupakan salah satu tindakan yang harus diberikan kepada masyarakat khususnya kepada anak – anak dan remaja karena mereka masih memiliki semangat dan rasa keingintahuanterhadap suatu informasi yang mereka terima. Proses edukasi dapat dilakukan dengan membuatkan media edukasi seperti komik digital (Webtoon). Media webtoon ini sangat sesuai untuk mengedukasikan kepada masyarakat khususnya anak – anak dan remaja karena penggunaan gambar memungkinkan pesan yang akan disampaikan menjadi lebih jelas diterima karena bahasa gambar lebih mudah dimengerti dibandingkan bahasa tulis atau lisan. Apabila ketiga sarana komunikasi tersebut digabungkan, maka bisa dibayangkan keampuhannya. Sehingga proses edukasi ini dapat berjalan dengan lancar dan membantu pemerintah dalam upaya menjaga lingkungan hidup. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode analisis data kualitatif. Dengan teori yang ada dan telah dijabarkan dalam bentuk kalimat deskriptif. Penulis membandingkan data yang telah diperoleh dengan kajian teori desain, kemudian dianalisis sehingga mendapatkan suatu hasil untuk menjawab permasalahan sebagai dasar dalam merancang komik digital Taru Pule sebagai sarana edukasi pentingnya menjaga kelestarian alam kepada masyarakat Bali. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa metode observasi, Wawancara, Kepustakaan, dan metode dokumentasi. Data hasil penelitian ini nantinya akan digunakan sebagai penunjang informasi yang akan disampaikan melalui media edukasi berupa webtoon dan media pendukung lainnya.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Damawan, Hikmat, 2012. How To Make Comics, Jakarta : Plotpoint
Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo Indonesia
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi Offset
Sachari, Agus. 1986. Desain Gaya dan Realita. Jakarta CV Rajawali
Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta : Penerbit ANDI