Perancangan Media Promosi Usaha Mikro Fresh Coffee Alternatif di Denpasar dan Labuan Bajo

Main Article Content

Patrick Hendrata Putra
I Nengah Sudika Negara
I Wayan Nuriarta

Abstract

Fresh Coffee Alternative adalah sebuah kedai kopi yang menyediakan minuman kopi sebagai menu utamanya dan juga terdapat beberapa minuman non kopi dan sedikit mengandung alcohol yang terletak di Jalan Mgr Van Bekhum, Labuan Bajo dan di jalan Raya Pemogan, Denpasar. Pada saat ini, media promosi yang dimiliki dan yang masih digunakan yaitu media sosial instagram. Dalam melakukan promosi, perlu diperhatikan pemilihan media yang tepat. Penggunaan media promosi yang sesuai, diharapkan mampu mengefektifkan kegiatan promosi dan berhasil dalam mempersuasi konsumen dikarenakan Dukung identitas maupun merek, belumlah cukup bagi Fresh Coffee Alternatif. Metode analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah metode S.W.O.T, Langkah-langkah dalam menganalisa mulai dari mengkaji hal/gagasan yang akan dinilai dengan memilah dan menginventarisasi sebanyak mungkin yaitu strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), threats (ancaman) dari keempat point tersebut bisa dibandingkan dengan produk yang serupa. Dapat ditarik kesimpulannya dengan membandingkan produk dari Fresh Coffee Alternatif dengan produk pesaing sehingga dapat membantu dalam mengkonsep media promosi produk tersebut. Berdasarkan proses yang telah dilakukan mulai dari wawancara dengan pemilik Fresh Coffee Alternatif yaitu Sdr. Fransiscus dan Sdr. Thomas, dan hasil dari pengolahan data mengenai kasus perancangan media promosi produk Fresh Coffee Alternative maka Fresh Coffee Alternatif memerlukan media promosi produk yang efektif, dan informatif melalui konsep dan materi Desain Komunikasi Visual.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, P. H., Negara, I. N. S., & Nuriarta, I. W. (2021). Perancangan Media Promosi Usaha Mikro Fresh Coffee Alternatif di Denpasar dan Labuan Bajo. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 2(01), 51–62. https://doi.org/10.59997/amarasi.v2i01.78
Section
Artikel

References

Aulia, L. C., Wirasari, I., & Nurbani, S. (2020). Perancangan Kampanye Mengurangi Limbah Kain Berbahan Denim Di Kota Bandung. eProceedings of Art & Design, 7(2).

Everlin, S., & Andersen, R. (2017). Kajian Visual Desain tentang Jeans dalam Bentuk Buku. Rupa Rupa, 4(2).

Heryanto, I. (2016). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80-101.

I Ketut, B. (2011). Prinsip Desain Komunikasi Visual Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Kampanye Imunisasi Campak Di Denpasar Bali. Artikel Bulan April (2011).

Suyanto,M. 2004. Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan. Yogyakarta: Andi

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Sarwono, Jonathan dan Harry Lubis. 2007. Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Subagyo, P. Joko. 2011. Metode Penelitian Dalam Teori & Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Suyanto, M. 2004. Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Yulianti, E., & Tohir, M. Perancangan Visual dan Media Promosi Kafe Doctor Cronuts di Kota Bogor.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>