DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI BANK SAMPAH PELITA SEBAGAI UPAYA MENGURANGI SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK DI KELURAHAN DANGIN PURI

Authors

  • Putu Gede Bayu Anggara Putra Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Nengah Sudika Negara Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Putu Arya Janottama Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/amarasi.v3i01.1051

Keywords:

Bank Sampah,Bank Sampah Pelita, Desain Komunikasi Visual

Abstract

Di Kelurahan Dangin Puri terdapat sebuah program Bank Sampah yang bernama Bank Sampah Pelita. Bank Sampah Pelita ini bertujuan untuk mengurangi sampah organik dan anorganik dan juga bertujuan untuk membantu ekonomi masyarakat Denpasar khususnya di Kelurahan Dangin Puri. Bank Sampah Pelita juga membagikan masker kepada setiap warga yang datang untuk menabungkan sampahnya. Akan tetapi warga yang datang menabungkan sampahnya di Bank Sampah Pelita masih sedikit sehingga perlu di sosialisasikan. Melihat permasalahan tersebut akhirnya penulis merancang penelitian mengenai permasalahan publikasi, untuk membantu mensosialisasikan Bank Sampah Pelita kepada masyarakat, maka diperlukan peranan dari media sosialisasi.Metode pengumpulan data dalam perancangan promosi ini adalah melalui metode kualitatif yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan untuk Metode analisis data yang di pakai adalah metode Analisis SWOT. Konsep yang digunakan dalam perancangan media sosialisasi Bank Sampah Pelita adalah simple modern, konsep simple modern artinya selalu mengikuti perkembangan jaman, dengan gaya yang simple agar mudah diterima dan menarik masyarakat untuk memilah dan datang menabungkan sampahnya di Bank Sampah Pelita. Hasil dari perancangan Sosialisasi Bank Sampah Pelita adalah ; Logo/GSM, T-Shirt, Stiker,Masker, Spanduk, X-Benner, Facebook Benner, Instagram, dan Flyer.

Downloads

References

Alwi, Hasan. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kertamukti, Rama. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tri Oka Buana, I Nyoman (2018). Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Potensi Desa Beng di Gianyar. Disertasi Program Sarjana Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia, Denpasar.

Udayana, A.A. Gde Bagus. (2016). “Membongkar Ideologi di Balik Produksi dan Implikasi Media Promosi Pariwisata Budaya di Bali”. Disertasi. Denpasar: Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia.

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

Putra, P. G. B. A. ., Negara, I. N. S. ., & Janottama, I. P. A. . (2022). DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI BANK SAMPAH PELITA SEBAGAI UPAYA MENGURANGI SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK DI KELURAHAN DANGIN PURI. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 3(01), 86–92. https://doi.org/10.59997/amarasi.v3i01.1051

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.