DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI BANK SAMPAH PELITA SEBAGAI UPAYA MENGURANGI SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK DI KELURAHAN DANGIN PURI

Main Article Content

Putu Gede Bayu Anggara Putra
I Nengah Sudika Negara
I Putu Arya Janottama

Abstract




Di Kelurahan Dangin Puri terdapat sebuah program Bank Sampah yang bernama Bank Sampah Pelita. Bank Sampah Pelita ini bertujuan untuk mengurangi sampah organik dan anorganik dan juga bertujuan untuk membantu ekonomi masyarakat Denpasar khususnya di Kelurahan Dangin Puri. Bank Sampah Pelita juga membagikan masker kepada setiap warga yang datang untuk menabungkan sampahnya. Akan tetapi warga yang datang menabungkan sampahnya di Bank Sampah Pelita masih sedikit sehingga perlu di sosialisasikan. Melihat permasalahan tersebut akhirnya penulis merancang penelitian mengenai permasalahan publikasi, untuk membantu mensosialisasikan Bank Sampah Pelita kepada masyarakat, maka diperlukan peranan dari media sosialisasi.Metode pengumpulan data dalam perancangan promosi ini adalah melalui metode kualitatif yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan untuk Metode analisis data yang di pakai adalah metode Analisis SWOT. Konsep yang digunakan dalam perancangan media sosialisasi Bank Sampah Pelita adalah simple modern, konsep simple modern artinya selalu mengikuti perkembangan jaman, dengan gaya yang simple agar mudah diterima dan menarik masyarakat untuk memilah dan datang menabungkan sampahnya di Bank Sampah Pelita. Hasil dari perancangan Sosialisasi Bank Sampah Pelita adalah ; Logo/GSM, T-Shirt, Stiker,Masker, Spanduk, X-Benner, Facebook Benner, Instagram, dan Flyer.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putu Gede Bayu Anggara Putra, I Nengah Sudika Negara, & I Putu Arya Janottama. (2022). DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI BANK SAMPAH PELITA SEBAGAI UPAYA MENGURANGI SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK DI KELURAHAN DANGIN PURI. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 3(01), 86–92. Retrieved from https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/amarasi/article/view/1051
Section
Artikel

References

Alwi, Hasan. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kertamukti, Rama. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tri Oka Buana, I Nyoman (2018). Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Potensi Desa Beng di Gianyar. Disertasi Program Sarjana Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia, Denpasar.

Udayana, A.A. Gde Bagus. (2016). “Membongkar Ideologi di Balik Produksi dan Implikasi Media Promosi Pariwisata Budaya di Bali”. Disertasi. Denpasar: Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia.