PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL “PANTAS (PILIH & GUNAKAN KATA YANG PAS)” UNTUK ANAK-ANAK USIA 7-12 TAHUN
Main Article Content
Abstract
Salah satu wilayah di Surabaya yang harus disoroti terkait dengan masalah sosial adalah wilayah Kenjeran. Wilayah Kenjeran memiliki permasalahan sosial yakni kurangnya pemahaman anak-anak usia 7-12 tahun terhadap penempatan bahasa secara tepat ketika berbicara dengan lawan bicara, seperti orang tua, guru, dan teman sebaya. Saat ini belum ada edukasi dan evaluasi yang teratur yang dilakukan oleh pihak sekolah terkait dengan sikap dan etika yang dimiliki oleh para siswa. Pihak orang tua maupun pihak sekolah khususnya guru belum memberikan edukasi dan evaluasi secara optimal kepada anak-anak, sehingga hal ini memberikan dampak pada penggunaan bahasa yang tidak tepat di kalangan anak-anak. Permasalahan ini membutuhkan sebuah solusi yakni kampanye sosial untuk anak-anak usia 7-12 tahun. Kampanye sosial yang dirancang berupa kampanye sosial edukatif dengan media-media komunikasi visual yang kreatif dan menarik yang mampu mengajak anak-anak usia 7-12 tahun untuk menggunakan bahasa secara tepat dan menerapkannya di lingkungan tempat tinggal dan lingkungan sekolah mereka. Metode yang digunakan pada perancangan kampanye sosial ini adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif dengan langkah-langkah mencari literatur, mengumpulkan data melalui kuesioner sosial eksperimen dan wawancara mendalam, menganalisis data dengan menggunakan analisis taksonomi untuk menemukan keyword, dan menganalisis insight target audien untuk menyusun solusi kreatif. Hasil dari perancangan kampanye sosial ini adalah judul kampanye sosial yakni PANTAS (Pilih dan Gunakan Kata yang Pas), identitas visual kampanye sosial PANTAS, strategi kampanye sosial PANTAS melalui aksi program kampanye sosial (kenali, coba, praktikkan), dan desain media-media kreatif kampanye sosial PANTAS.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Atkin, Charles K., Rice, Ronald E. 2013. Public Communication Campaigns. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.
Creswell, John W. 2013. Research Design - Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.
Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Venus, Antar. 2004. Manajemen kampanye: panduan teoritis dan praktis dalam mengefektifkan kampanye komunikasi. Indonesia: Simbiosa Rekatama Media.
Data Skripsi atau Jurnal:
Juarna, Asep. 2012. Catatan Teori Bahasa dan Automata. Universitas: Gunadarma.
Internet:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud). 2019. Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kec. Kenjeran. Retrieved 13 Oktober 2019. From: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=056021&level=3.