PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL “PANTAS (PILIH & GUNAKAN KATA YANG PAS)” UNTUK ANAK-ANAK USIA 7-12 TAHUN

Main Article Content

Widyasari Widyasari
Yuniar Mislachul Umma
Hanida Norma Fitriani
Dwi Priyo Wicaksono
Irvan Ferdianto
Putra Alam Syarif

Abstract

Salah satu wilayah di Surabaya yang harus disoroti terkait dengan masalah sosial adalah wilayah Kenjeran. Wilayah Kenjeran memiliki permasalahan sosial yakni kurangnya pemahaman anak-anak usia 7-12 tahun terhadap penempatan bahasa secara tepat ketika berbicara dengan lawan bicara, seperti orang tua, guru, dan teman sebaya. Saat ini belum ada edukasi dan evaluasi yang teratur yang dilakukan oleh pihak sekolah terkait dengan sikap dan etika yang dimiliki oleh para siswa. Pihak orang tua maupun pihak sekolah khususnya guru belum memberikan edukasi dan evaluasi secara optimal kepada anak-anak, sehingga hal ini memberikan dampak pada penggunaan bahasa yang tidak tepat di kalangan anak-anak. Permasalahan ini membutuhkan sebuah solusi yakni kampanye sosial untuk anak-anak usia 7-12 tahun. Kampanye sosial yang dirancang berupa kampanye sosial edukatif dengan media-media komunikasi visual yang kreatif dan menarik yang mampu mengajak anak-anak usia 7-12 tahun untuk menggunakan bahasa secara tepat dan menerapkannya di lingkungan tempat tinggal dan lingkungan sekolah mereka. Metode yang digunakan pada perancangan kampanye sosial ini adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif dengan langkah-langkah mencari literatur, mengumpulkan data melalui kuesioner sosial eksperimen dan wawancara mendalam, menganalisis data dengan menggunakan analisis taksonomi untuk menemukan keyword, dan menganalisis insight target audien untuk menyusun solusi kreatif. Hasil dari perancangan kampanye sosial ini adalah judul kampanye sosial yakni PANTAS (Pilih dan Gunakan Kata yang Pas), identitas visual kampanye sosial PANTAS, strategi kampanye sosial PANTAS melalui aksi program kampanye sosial (kenali, coba, praktikkan), dan desain media-media kreatif kampanye sosial PANTAS.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widyasari, W., Umma, Y. M., Fitriani, H. N., Wicaksono, D. P., Ferdianto, I., & Syarif, P. A. (2020). PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL “PANTAS (PILIH & GUNAKAN KATA YANG PAS)” UNTUK ANAK-ANAK USIA 7-12 TAHUN. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(02), 104–117. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i02.37
Section
Artikel

References

Atkin, Charles K., Rice, Ronald E. 2013. Public Communication Campaigns. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.

Creswell, John W. 2013. Research Design - Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Venus, Antar. 2004. Manajemen kampanye: panduan teoritis dan praktis dalam mengefektifkan kampanye komunikasi. Indonesia: Simbiosa Rekatama Media.

Data Skripsi atau Jurnal:

Juarna, Asep. 2012. Catatan Teori Bahasa dan Automata. Universitas: Gunadarma.

Internet:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud). 2019. Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kec. Kenjeran. Retrieved 13 Oktober 2019. From: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=056021&level=3.