PENGARUH KONTEN TIKTOK TENTANG SEJARAH KEPEMILIKAN INDOMIE TERHADAP BRAND ASSOCIATION PRODUK MIE GAGA
Main Article Content
Abstract
Di era post informasi yang ditandai dengan kehadiran beragam media sosial, terutama Tiktok, yaitu salah satu platform yang mempopulerkan video pendek yang berpengaruh besar terhadap perubahan perilaku serta kebiasaan masyarakat dalam hal mengkonsumsi informasi. Bantuan teknologi Artifical Intelligence atau AI semakin membuat konten semakin memiliki daya tarik dalam menyampaikan hiburan dan informasi. Tiktok, memiliki berbagai jenis konten, edukasi, inspirasi, hiburan, dan banyak lainnya. Tersaji dengan banyak gaya penyampaian, termasuk storytelling. Salah satu konten yang viral adalah konten sejarah kepemilikan Indomie yang dibuat oleh seorang konten kreator AI yang membawakan konten secara storytelling. Tayangan tersebut mendapatkan 28 juta lebih penonton. Konten yang melibatkan 2 nama perusahaan besar tersebut mendapatkan banyak persepsi positif dan empati dari masyarakat terutama terhadap Pendiri Mie Gaga. yang akhirnya membangun brand association Mie Gaga sebagai pihak yang dirugikan. Kondisi tersebut memberikan dampak terhadap peningkatan penjualan Mie Gaga secara drastis. Untuk mencermati fenomena tersebut lebih dalam, penelitian ini menggunakan metode kualitatif, melalui kuisioner seberpengaruh apakah konten tiktok tersebut terhadap asosiasi merek Mie Gaga di benak audiens, juga dengan metode kuantitatif yang menyampaikan data trend penjualan Mie Gaga dan Indomie di tahun 2023 pada saat kejadian tersebut berlangsung. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan sudut pandang positif terhadap pengaruh yang ditimbulkan dari sebuah konten video pendek yang viral di sosial media, baik dari reaksi yang muncul di publik, maupun persepsi yang tercipta di pandangan audiens.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Afriana Akhyani, A. (n.d.). PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, PERSEPSI HARGA, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND IMAGE.
Aurora Elise Putriku, Lenti Susanna Saragih, Novita Sari Br Siboro, Mutiara Dwi Rizqina, & Michael Sihombing. (2024). Menganalisis Strategi Pemasaran Indomie (PT Indofood Sukses Makmur Tbk) Dalam Pasar Internasional. Jurnal Bisnis Inovatif Dan Digital, 1(3), 60–71. https://doi.org/10.61132/jubid.v1i3.179
Barelvi, F., Menati Fajar Rizki, & Mentari Anugrah Imsa. (2024). Pengaruh Konten Sosial Media TikTok Terhadap Pemahaman Brand Knowledge VOffice Indonesia. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(4). https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i4.3209
Harahap, N. H., & Al Sukri, S. (2023). Pengaruh Asosiasi Merek, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Iphone Second pada Masyarakat Kota Pekanbaru Article Info Info Artikel ABSTRAK. In Insight Management and Business (IMB) (Vol. 1, Issue 01).
Irziansyah, R. lutfi, & Hendrayani, R. M. (2024). Pengaruh Brand Equity dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Uniqlo (Studi Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang). Journal Of Social Science Research, 04.
Isnaini, W. (n.d.). Peranan Tiktok Dalam Membangun Sikap Asertif Para Kreator Konten Penyandang Disabilitas.
Kumala, A. D., Salsabillah, S. R., Rohman, A. A., Azmi, M. R., & Nisa, P. K. (2024). ANALISIS PENIRUAN TREND ASHOKA DALAM TIKTOK. JURNAL ILMIAH RESEARCH AND DEVELOPMENT STUDENT, 2(2), 19–32. https://doi.org/10.59024/jis.v2i2.730
Maulana, I., Merseyside, J., Manulang, B., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. In Majalah Ilmiah Bijak (Vol. 17, Issue 1). http://ojs.stiami.ac.id
Octavia Isroissholikhah, W. (2022). EFEKTIVITAS CONTENT CREATOR DALAM STRATEGI PROMOSI DI ERA DIGITAL. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(1), 121–128. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i1.507
Pratama, A., Putra, Y., Zhafira Hilwana, A. L., Fadhli Al Multazim, M., Zhafran Hafiz, M., & Sarah Maesaroh, S. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Konten Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Bisnis Digital UPI Di TikTok Shop. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek"http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek
Rosita, R., & Evalina Darlin. (2024). PENGARUH KUALITAS KONTEN TIK TOK TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA CUSTOMER QUEENSHA. JURNAL LENTERA BISNIS, 13(2), 1061–1071. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1129
Saputra, R., Rizky Mahaputra, M., Saputra, F., & Ridho Mahaputra, M. (n.d.). Analisis Penerapan Artificial Intelligence terhadap Produktivitas Perusahaan Media Informasi. 1(2). https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i2
Saputro, W. R., Murwanti, S., & Kunci, K. (2024). ANALISIS PENGARUH RESONANSI MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA KONSUMEN PRODUK MAKANAN INDOMIE DI KABUPATEN KARANGANYAR. In Jurnal l Mal nal jemen Dewal ntal ral (Vol. 8, Issue 1).
Septiyani, N., Arsyi, M. R., Nur, A., & Putra, M. (2024). PERAN PRATFOROM TIKTOK DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS DAN KONEKSI POSITIF DI KALANGAN GENERASI Z. In Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner (Vol. 8, Issue 7).
Sutedjo, B., & Sari, Y. E. (2023). Kesadaran Merek, Citra Merek, dan Asosiasi Merek terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 288–297. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5387
Syah Saputra, F., Riyadi, R., Ilyas Al-Fazri, M., Yustianto Handy, Irianti Sibrani, J., & Fahlapi, R. (n.d.). KESADARAN, ASOSIASI, PERSEPSI KUALITAS, LOYALITAS MEREK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI TUBRUK GADJAH.
Waruwu, M. (n.d.). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).
Yulianti, W. R. (2023). Analisis Brand Association Pada Produk Kecap Bango. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 1(3). https://doi.org/10.61132/nuansa.v1i3%20September.647
Yunia Sari, A. P., & Mukhroji. (2024). PENGARUH BRAND AWARENES, BRAND ASSOCIATION, BRAND LOYALTY, PERCEIVED QUALITY, PRICING POLICY, CELEBRITY ENDORSEMENT, LIFESTYLE DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING. 7 no. 11, 1–23.