Analisis Semiotika Komunikasi Visual Boneka Angin Toko Cat Citra Warna
Main Article Content
Abstract
Artikel ini merupakan sebuah kajian terhadap tanda pada media komunikasi visual luar ruangan yang memiliki karakteristik menarik perhatian, mencolok, bertempat di pinggir jalan dengan cakupan target sasaran yang luas. Berbagai cara kreatif dilakukan pengusaha untuk menarik perhatian calon konsumennya. Sebuah promosi dengan menggunakan media unkonvensional dari segi komunikasi menimbulkan umpan balik yang beragam oleh masyarakat. Berdasarkan hal tersebut digunakan pendekatan semiotika untuk mengetahui makna yang ada dalam media promosi dalam wujud boneka angin toko cat Citra Warna. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan kepustakaan yang dianalisa dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil pengamatan dapat dilihat makna yang terkandung dalam boneka angin toko cat Citra Warna dapat dimaknai dengan sistem tanda diadik maupun triadik yang keseluruhan tanda tersebut merupakan sebuah kontruksi tanda sesuai tujuan dan harapan pemiliki toko cat Citra Warna yang bersifat ideologis. Harapannya dengan mengetahui makna yang terkandung pada sebuah media komunikasi visual dapat menjadi refrensi untuk melihat sebuah sistem tanda, tidak hanya apa yang dikontruksikan tapi apa yang ada di balik tanda tersebut.
Downloads
Article Details
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Barthes, Roland. 2007. Membedah Mitos-mitos Budaya Masa: Semiotika atau sosiologi Tanda, Simbol dan Representasi. Yogyakarta: Jalasutra
Berger, Arthur Asa. 2010. Pengantar Semiotika: Tanda-Tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer.Yogyakarta: Tiara Wacana
Danesi, M., dan P. Perron. 1999. Analyzing Cultures: An Introduction and Handbook. Bloomington: Indiana University Press
Derrida, Jaques. 1981. Positions: Althone Press.
Hendratman, Hendi. 2009. Graphics Desain. Bandung: Informatika.
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset
Nuriarta, I Wayan dan Masyuni, Sujayanti Ni Wayan. 2020. Ideologi Visual Kartun Kajian Semiotika Kartun Politik. Denpasar: Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar
Piliang, Yasraf Amir. 2010. Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra
Santosa, Sigit. 2002. Advertising Guide Book. Jakarta : PT Gramedia Pustaka
Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sumbo, Tinarbuko. 2008. Semiotika Komunikasi Visual: Metode Analisis tanda dan makna pada Karya Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra
Suprapto, Andi. 2015. Ada Mitos Dalam DKV (Desain Komunikasi Visual). Jakarta: PT Lintas Kreasi Imaji
Surianto, Rustan. 2009. Layout dan Dasar Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Sumber Internet
https://drive.google.com/file/d/1NQrRq4hGA3kVLHdKpb-sEkgZXybyMMEe/view?usp=sharing