Analisis Semiotika Komunikasi Visual Boneka Angin Toko Cat Citra Warna

Authors

  • I Putu Arya Janottama Program Studi S3 Kajian Budaya, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.59997/amarasi.v2i01.73

Keywords:

Semiotika, Makna, Boneka Angin Toko Cat Citra Warna

Abstract

Artikel ini merupakan sebuah kajian terhadap tanda pada media komunikasi visual luar ruangan yang memiliki karakteristik menarik perhatian, mencolok, bertempat di pinggir jalan dengan cakupan target sasaran yang luas. Berbagai cara kreatif dilakukan pengusaha untuk menarik perhatian calon konsumennya. Sebuah promosi dengan menggunakan media unkonvensional dari segi komunikasi menimbulkan umpan balik yang beragam oleh masyarakat. Berdasarkan hal tersebut digunakan pendekatan semiotika untuk mengetahui makna yang ada dalam media promosi dalam wujud boneka angin toko cat Citra Warna. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan kepustakaan yang dianalisa dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil pengamatan dapat dilihat makna yang terkandung dalam boneka angin toko cat Citra Warna dapat dimaknai dengan sistem tanda diadik maupun triadik yang keseluruhan tanda tersebut merupakan sebuah kontruksi tanda sesuai tujuan dan harapan pemiliki toko cat Citra Warna yang bersifat ideologis. Harapannya dengan mengetahui makna yang terkandung pada sebuah media komunikasi visual dapat menjadi refrensi untuk melihat sebuah sistem tanda, tidak hanya apa yang dikontruksikan tapi apa yang ada di balik tanda tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barthes, Roland. 2007. Membedah Mitos-mitos Budaya Masa: Semiotika atau sosiologi Tanda, Simbol dan Representasi. Yogyakarta: Jalasutra

Berger, Arthur Asa. 2010. Pengantar Semiotika: Tanda-Tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer.Yogyakarta: Tiara Wacana

Danesi, M., dan P. Perron. 1999. Analyzing Cultures: An Introduction and Handbook. Bloomington: Indiana University Press

Derrida, Jaques. 1981. Positions: Althone Press.

Hendratman, Hendi. 2009. Graphics Desain. Bandung: Informatika.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset

Nuriarta, I Wayan dan Masyuni, Sujayanti Ni Wayan. 2020. Ideologi Visual Kartun Kajian Semiotika Kartun Politik. Denpasar: Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar

Piliang, Yasraf Amir. 2010. Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra

Santosa, Sigit. 2002. Advertising Guide Book. Jakarta : PT Gramedia Pustaka

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sumbo, Tinarbuko. 2008. Semiotika Komunikasi Visual: Metode Analisis tanda dan makna pada Karya Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra

Suprapto, Andi. 2015. Ada Mitos Dalam DKV (Desain Komunikasi Visual). Jakarta: PT Lintas Kreasi Imaji

Surianto, Rustan. 2009. Layout dan Dasar Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sumber Internet

http://web.mojok.co.id

https://drive.google.com/file/d/1NQrRq4hGA3kVLHdKpb-sEkgZXybyMMEe/view?usp=sharing

Amarasi : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Downloads

Published

2021-01-26

How to Cite

Janottama, I. P. A. (2021). Analisis Semiotika Komunikasi Visual Boneka Angin Toko Cat Citra Warna. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 2(01), 1–8. https://doi.org/10.59997/amarasi.v2i01.73

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.