KOMIK MAHABHARATA KARYA R.A KOSASIH SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MASSA

Main Article Content

I Wayan Nuriarta

Abstract

Mengkaji komik Mahabharata tentu sangat penting sebagai jalan untuk kembali melihat dan merenungi gambaran tentang para tokoh serta mengetahui makna cerita yang terkandung didalamnya lewat pesan gambar dan kata. Komik Mahabharata yang dibuat Kosasih berupa bentuk buku, sehingga gagasan-gagasan yang ia miliki bisa tersampaikan kepada banyak orang, sebab buku merupakan salah satu bentuk media komunikasi massa. Penelitian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dalam bentuk kajian akademis terhadap buku komik Mahabharata karya Kosasih sebagai media komunikasi massa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif untuk mengumpulkan, menyaring dan menganalisis data. Teori komunikasi massa digunakan dalam kajian terhadap buku komik Mahabharata karya Kosasih. Data tersebut dijabarkan secara deskriptif untuk mendapatkan hasil yang jelas terhadap masalah-masalah yang diajukan dalam penelitian ini. Setelah semua data dianalisis dan dibahas secara mendalam, langkah terakhir adalah menyimpulkan temuan-temuan yang diperoleh sesuai dengan data yang ada, yang didasarkan pada ruang lingkup permasalahan yang dikaji. Buku komik Mahabharata karya Kosasih sebagai media massa adalah wahana utama yang bertujuan untuk memberikan informasi, menghibur atau membujuk pembaca. Dengan buku komik, Kosasih sebagai komunikator telah menyampaikan informasi atau pesan kepada audien massa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nuriarta, I. W. (2020). KOMIK MAHABHARATA KARYA R.A KOSASIH SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MASSA. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 1(02), 77–87. https://doi.org/10.59997/amarasi.v1i02.34
Section
Artikel

References

Boggs, Joseph. 1992. Cara Menilai Sebuah Film (The Art of Watching Film) terj. Sani. Jakarta: Yayasan Citra

Bonneff, Marcel. 2008. Komik Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Burhan, M. Agus. 2002. Politik dan Gender”Seni Rupa Modern Indonesia:Tinjauan Sosiohistoris”. Yogyakarta: Yayasan Seni Cemeti.

Djoharnurani, Sri. 1999. Seni dan Intertekstualitas Sebuah Perspektif. Pidato Ilmiah pada Dies Natalis XV ISI Yogyakarta

McCloud, Scott. 2001. Understanding Comics. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia

Mulyana, Deddy. 2008. Komunikasi Efektif Suatu Pendekatan Lintas Budaya. Bandung: Rosdakarya Offset

Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Transformasi Unsur Pewayangan dalam Fiksi Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press Nuriarta, I. W., & Wirawan, I. G. N. (2019). Kajian Komik Kartun Panji Koming Di Tahun Politik. Segara Widya : Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Institut Seni Indonesia Denpasar, 7(2), 117-125. https://doi.org/10.31091/sw.v7i2.821

Riyanto, Bedjo. 2000. Iklan Surat Kabar dan Perubahan Masyarakat di Jawa Masa Kolonial (1870-1915). Yogyakarta: Tarawang

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Suganda. 2003. Seri Kekayaan yang Tersembunyi: Sukses Mengeksplorasi Seni. Jakarta: Kompas

Susetya,Wawan. 2007. Bharatayuda. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Tabrani, Primadi. 2005. Bahasa Rupa. Bandung: Kelir

Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedelapan. Jakarta: Kencana

http://www.komunikasi massa.com . 26 Desember 2009

Most read articles by the same author(s)