Desain Media Promosi Wisata Desa Taro di Gianyar-Bali
Main Article Content
Abstract
Desa Taro merupakan salah satu desa tertua di Bali dimana masyarakatnya telah menerapkan konsep berkehidupan di Bali sejak awal. Desa Taro terkenal akan sejarah cerita perjalanan suci Rsi Markandya ke timur untuk mencari pencerahan. Namun, walau dengan potensi alam dan sejarah yang ada di Desa Taro. Desa Taro masih belum begitu dikenal dengan baik oleh wisatawan dan ingin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Untuk mewujudkan itu, maka dibutuhkan promosi dengan media yang tepat dan sesuai. Adapun masalah yang diangkat dalam kasus ini seperti apa saja media yang tepat untuk promosi wisata Desa Taro serta bagaimana merancang media tersebut agar efektif, komunikatif dan informatif. Tujuannya adalah membantu menaikkan citra Desa Taro agar lebih dikenal lebih baik oleh wisatawan dan menaikkan jumlah kunjungan ke Desa Taro. Metode pengumpulan data dalam perancangan media promosi ini adalah studi literatur, referensi yang berasal dari hasil dokumentasi dan observasi lapangan. Dari obervasi di Desa Taro, ditemukan bahwa kurangnya media promosi yang dapat menginformasikan tentang Desa Taro, sejarah, potensi alam dan fitur wisata yang dimiliki Desa Taro. Konsep desain yang dipilih adalah Vintage. Media terpilih untuk mensosialisasikan program ini adalah, pocket guide, poster, folder, x-banner, signboard, iklan media sosial, iklan majalah, peta, tiket dan katalog karya.
Downloads
Article Details
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights:
» Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
» The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
» The right to reproduce the article for own purposes,
» The right to self-archive the article
» The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Arbitrer).
References
Ardhi, Yudha. 2013. Merancang Media Promosi Unik dan Menarik. Yogyakarta: TAKA Publisher.
Hadi, Sutrisno. 2000. Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Hendratman, Hendi. 2015. Computer Graphic Design. Bandung.
Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: ANDI.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Rustan, Surianto. 2013. Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, Surianto. 2014. Font & TIPOGRAFI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, Surianto. 2014. LAYOUT: Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pujiriyanto. 2005. Desain Grafis Komputer: Teori Grafis Komputer. Yogyakarta: ANDI
Lukman, Nikko Purnama. 2015. Kamus Visual Tipografi. Tanggerang: DGI Press
Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2010. Nirmana Elemen- elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.
Sihombing, Danton. 2015. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tinarbuko, Sumbo. 2015. DEKAVE Desain Komunikasi Visual – Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: Penerbit CAPS.
Sumber Internet:
Rahmat, A. (2015, Agustus Rabu). X banner dan Y banner. Diambil kembali dari Juragan Digital: https://juragandigital.com/tag/x- banner/
Eko. (2020) Strategi Pemasaran Marketing. Tersedia pada:
http://www.cityadexpo.com/news/view/pe ngertian-signage-dan-kegunaannya.
Diakses pada 10 November 2020.
Gani, B. (2018). Mengenal Digital Printing Lebih Dekat. Diambil kembali dari
Eannovate:https://www.eannovate.com/bl og/1444_mengenal-digital-printing- lebihdekat.html Diakses pada 28 Oktober 2020