Desain Media Promosi Wisata Desa Taro di Gianyar-Bali

Authors

  • Gede Hutama Bayubratha Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar
  • I Nyoman Larry Julianto Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar
  • Gede Bayu Segara Putra Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSRD, ISI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.59997/amarasi.v2i01.81

Keywords:

Promosi, Desa Taro, Wisata, Media

Abstract

Desa Taro merupakan salah satu desa tertua di Bali dimana masyarakatnya telah menerapkan konsep berkehidupan di Bali sejak awal. Desa Taro terkenal akan sejarah cerita perjalanan suci Rsi Markandya ke timur untuk mencari pencerahan. Namun, walau dengan potensi alam dan sejarah yang ada di Desa Taro. Desa Taro masih belum begitu dikenal dengan baik oleh wisatawan dan ingin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Untuk mewujudkan itu, maka dibutuhkan promosi dengan media yang tepat dan sesuai. Adapun masalah yang diangkat dalam kasus ini seperti apa saja media yang tepat untuk promosi wisata Desa Taro serta bagaimana merancang media tersebut agar efektif, komunikatif dan informatif. Tujuannya adalah membantu menaikkan citra Desa Taro agar lebih dikenal lebih baik oleh wisatawan dan menaikkan jumlah kunjungan ke Desa Taro. Metode pengumpulan data dalam perancangan media promosi ini adalah studi literatur, referensi yang berasal dari hasil dokumentasi dan observasi lapangan. Dari obervasi di Desa Taro, ditemukan bahwa kurangnya media promosi yang dapat menginformasikan tentang Desa Taro, sejarah, potensi alam dan fitur wisata yang dimiliki Desa Taro. Konsep desain yang dipilih adalah Vintage. Media terpilih untuk mensosialisasikan program ini adalah, pocket guide, poster, folder, x-banner, signboard, iklan media sosial, iklan majalah, peta, tiket dan katalog karya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhi, Yudha. 2013. Merancang Media Promosi Unik dan Menarik. Yogyakarta: TAKA Publisher.

Hadi, Sutrisno. 2000. Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Hendratman, Hendi. 2015. Computer Graphic Design. Bandung.

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: ANDI.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Rustan, Surianto. 2013. Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto. 2014. Font & TIPOGRAFI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto. 2014. LAYOUT: Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pujiriyanto. 2005. Desain Grafis Komputer: Teori Grafis Komputer. Yogyakarta: ANDI

Lukman, Nikko Purnama. 2015. Kamus Visual Tipografi. Tanggerang: DGI Press

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2010. Nirmana Elemen- elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.

Sihombing, Danton. 2015. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tinarbuko, Sumbo. 2015. DEKAVE Desain Komunikasi Visual – Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: Penerbit CAPS.

Sumber Internet:

Rahmat, A. (2015, Agustus Rabu). X banner dan Y banner. Diambil kembali dari Juragan Digital: https://juragandigital.com/tag/x- banner/

Eko. (2020) Strategi Pemasaran Marketing. Tersedia pada:

http://www.cityadexpo.com/news/view/pe ngertian-signage-dan-kegunaannya.

Diakses pada 10 November 2020.

Gani, B. (2018). Mengenal Digital Printing Lebih Dekat. Diambil kembali dari

Eannovate:https://www.eannovate.com/bl og/1444_mengenal-digital-printing- lebihdekat.html Diakses pada 28 Oktober 2020

Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual

Downloads

Published

2021-01-29

How to Cite

Bayubratha, G. H., Julianto, I. N. L., & Putra, G. B. S. (2021). Desain Media Promosi Wisata Desa Taro di Gianyar-Bali. AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, 2(01), 93–103. https://doi.org/10.59997/amarasi.v2i01.81

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 

You may also start an advanced similarity search for this article.